Zein Panzer – Hip-Hop di Indonesia, Terlebih yang Mengarah ke Rap, Saya Sebut Belum Maju

bisnis online

Tak hanya sebagai sebuah karya yang indah untuk didengar dan bersifat menghibur, musik juga memiliki banyak fungsi lainnya, salah satunya yaitu sebagai sarana dalam menyampaikan aspirasi terhadap isu-isu yang terjadi di masyarakat. Dibuatnya karya musik, khususnya rap, yang bertajuk sosial merupakan salah satu bentuk kepedulian dari sang rapper berikut pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam pembuatan lagu tersebut terhadap persoalan-persoalan yang  sedang dihadapi masyarakat.

Bulan Juni lalu, sebuah short rap yang berjudul Indonesia means Peace diunggah di Youtube oleh rapper muda asal Maluku Tenggara, Zein Panzer. Short rap yang berdurasi kurang dari 5 menit ini berisi aspirasi sang rapper terhadap berbagai isu yang sedang terjadi Indonesia, khususnya terkait dengan isu yang dialami oleh rakyat Indonesia bagian timur. Dengan pengemasan yang ringan dan sederhana, Indonesia means Peace menjadi short rap yang enak didengar walaupun tanpa mengedepankan efek atau beat tertentu. Selain itu, Zein Panzer juga mendedikasikan lagu ini untuk seorang mahasiswa asal Maluku Tenggara, Rezky Narwadan (20), yang menjadi korban terbunuh dalam kasus kekerasan di Yogyakarta bulan Juni lalu. Simak wawancara hiphopindo.net dengan Zein Panzer berikut ini!

Sejak kapan Zein mulai ngerap?

Saya mengenal Rap sejak SMP kelas 1 (2003), dan mulai nge-Rap (belum produktif) sejak SMA kelas 1 (2006). Pada tahun (2009) saat berada di Yogyakarta barulah saya mulai produktif dalam dunia Rap.

Menilik lirik pada lagu Indonesia means Peace yang menyuarakan tentang rasisme dan diskriminasi serta kekerasan khususnya bagi orang timur, sebagai rapper asal Maluku Tenggara, adakah keluhan-keluhan yang dirasakan oleh Zein terkait dengan produksi musik?

Ada banyak hal dalam arti keluhan-keluhan saya dalam memproduksi musik, namun hal-hal tersebut sudah menjadi resiko yang harus diambil oleh para Rapper jalanan yang kekurangan fasilitas seperti saya, yang ketika memulai memproduksi konten Rap sangatlah mengalami kesulitan. Menurut saya hal-hal ini tidak perlu di sebutkan. Apalagi terhadap diri saya sendiri yang tidak suka mengeluh tentang keseluruhan hidup saya secara pribadi.

Apa yang membuat Zein tertarik untuk menyuarakan tentang isu-isu sosial yang sedang terjadi di Indonesia?

Saya juga sama seperti Rapper lain yang juga produktif dalam memproduksi lagu-lagu cinta, komedi dll. Hanya saja, saya lebih fokus menekan ke suara rakyat. Dan yang membuat saya tertarik untuk meyuarakan isu-isu sosial adalah begitu banyaknya kasus-kasus gelap yang pemerintah lakukan tanpa tercium media, dan bila tertangkap basah, hanya 1,5% yang di tindak lanjuti, yang lain blur semua. Contoh kasus pembunuhan pribumi oleh Aparat negara di Papua, kasus Semen vs Samin, dan masih banyak lagi yang blur! Saya terpicu oleh aksi-aksi Amnesty International, mengorek data dari Journeyman picture, mengikuti media indo kemudian menggambarkan, mengkaji, mengemas serta menyajikannya lewat aksi Rap saya. Adapun satu kasus yang menjijikan dimuka bumi indo ini, yang membuat saya selalu ingat dan terus ingin terus bersuara, yakni korupsi dana Haji.

Zein Panzer | Source: https://twitter.com/zein_nhia

Zein Panzer | Source: https://twitter.com/zein_nhia

Apa yang membuat Zein memutuskan untuk menekankan kasus yang merenggut nyawa Rezky Narwadan dalam lagu ini?

Pertama, rekaman ini dibuat sebelum kasus Rezky terjadi. rekaman ini dibuat sebelum bulan puasa, dan kasus Rezky terjadi di pertengahan bulan puasa. Video rekaman ini di unggah di youtube dimalam ke 16 bulan puasa (malam Qunut) dan di dedikasikan untuk Alm.Rezky. Artinya konten ini tidak dibuat setelah kasus rezky terjadi. hanya konten rekaman ini didedikasikan kepada Alm.Rezky. Sabagai bentuk suara perlawanan terhadap pemerintah agar berlaku adil dalam menindak lanjuti kasus Rezky ini. Itu aja.

Apa harapan Zein atas kelanjutan kasus Rezky Narwadan?

Saya harap pemerintah berlaku responsive dan mengusut tuntas kasus ini hingga selesai. Memberi hukuman yang sesuai terhadap para pelaku pembunuhan, dan bersikap netral terhadap siapapun baik Indo timur-barat yang melakukan pelanggaran-pelanggaran kejam seperti ini.

Apa konsep dari video klip lagu ini?

Konsepnya live-short rap tanpa beat dan tidak melalui rekaman studio, menampilkan kesederhanaan yang tidak bergantung pada efek dll.

Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan lagu ini?

Yang terlibat dalam pembuatan konten ini tidaklah banyak, hanya saya sebagai penulis lagu, video director, dan video editor. Serta pihak sponsor yang memfasilitasi dalam pembuatan video ini diantara lain Michael Kadmaerubun (owner Fargz Brand), kameramen dan teamnya yang turut membantu

Cover Video Klip Short Rap Indonesia means Peace | Source: https://www.youtube.com/watch?v=XdH3vXeFbtA

Cover Video Klip Short Rap Indonesia means Peace | Source: https://www.youtube.com/watch?v=XdH3vXeFbtA

Siapa rapper idola Zein dan darimana biasanya Zein mendapatkan inspirasi dalam menulis lagu?

Rapper Idola saya adalah Eminem dan Sadiq Free (Rapper asal Jerman-Afghanistan). Soal inspirasi dalam membuat konten isu-isu sosial, saya dapatkan dari Sadiq Free yang menjunjung tinggi keadilan dan perlawanan terhadap pemerintah Internasional atas kasus-kasus kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan, Palestine dan lain-lain. Sedang dalam pengemasan konten, saya lebih mengikuti Eminem yang mendesign kontennya secara jelas dan padat serta cool bila disimak. Sedangkan,mengenai sumber informasi, saya sering dapatkan dari konten-konten Amnesty Internasional dan Journey Picture.

SadiQ Free | Source: https://www.youtube.com/watch?v=37Avl7SbOJc

SadiQ Free | Source: https://www.youtube.com/watch?v=37Avl7SbOJc

Apakah ada rencana untuk membuat lagu Indonesia means Peace
sebagai long rap?

Tidak ada rencana sama sekali untuk menjadikan Indonesia means peace menjadi long rap. Bagi saya itu cukup sebagai suara hati saya, dan sebagai dedikasi untuk saudara kami tercinta Alm.Rezky Narwadan.

Apakah ada rencana untuk membuat kolaborasi dengan rapper lainnya dalam pembuatan lagu rap bertemakan isu sosial lainnya tahun ini?

Belum bisa saya pastikan apakah ada rencana untuk kolab bersama Rapper lain terkait isu-isu sosial di Indonesia dalam tahun ini, tapi Insha Allah.

Bagaimana pendapat Zein tentang hip hop Indonesia saat ini?

Hip-hop di Indonesia, terlebih yang mengarah ke Rap, saya sebut belum maju. Perkembangannya sudah meluas di negeri ini, akan tetapi belum diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia secara luas. Hal ini dikarenakan banyaknya rapper-rapper Indonesia sekarang yang produktif dalam membuat konten-konten yang tidak memberikan manfaat sama sekali. Bergantung pada beat, kualitas lirik yang kurang tajam, dan suka mempertontonkan hal-hal yang bagi saya itu tidak pantas di negeri ini, di mana mereka ingin seperti Amerika, tapi ini kelihatan lucu dan kurang menarik

Apakah Zein memiliki harapan tertentu terhadap hip hop Indonesia dalam upaya menjadikan Indonesia yang lebih baik?

Ini Indonesia, bukan Amerika, jadilah Rapper Indonesia, jangan menjadi Rapper Amerika. Kita beragama dan berbudaya, sesuaikanlah. Harapan saya bagi Hiphop (Rap) Indonesia, tetaplah produktif dalam menyajikan konten-konten yang bermanfaat. Yang tidak bermanfaat, (di kurangi).

Apa harapan Zein setelah dirilisnya lagu Indonesia means Peace?

Harapan saya adalah pemerintah harus tetap & terus berlaku responsive atas segala kasus yang menimpa rakyat Indo-timur/barat. Agar tidak ada lagi hal-hal diskriminatif, rasis dll. Tidak ada lagi, Gue dan Beta. Kita Satu, Indonesia. Hapus segala kekerasan dan keresahan di negeri ini. We need to respect each other.

Zein Panzer

Zein Panzer

Menurut Zein, bagaimana caranya agar generasi muda Indonesia dapat lebih kritis dan aktif dalam menanggapi isu-isu sosial dan politik yang ada di sekelilingnya?

Tidak ada cara yang baik selain mengurangi ke-alay’an. Yah, generasi muda rapper Indonesia masa kini harus lebih mendekatkan dirinya maupun kontennya lebih dekat ke suara rakyat atas segala kasus-kasus yang saat ini masih blur. Mengikuti perkembangan dunia tidak dengan hanya melihat trending di youtube (Indonesia) yang saya rasa hanya mengungkit-ungkit aib pribadi orang yang tidak berefek bagi masyarakat luas. Perbanyak menyimak berita, bukan menonton berita. Perbanyak mengikuti aksi-aksi kemanusiaan dll. Berhati nurani dan juga berani, itu aja.

Menurut Zein, apa yang menyebabkan nilai-nilai Pancasila dianggap memudar belakangan ini dan apa yang bisa dilakukan untuk
menanggulanginya?

Nilai-nilai Pancasila memudar bukan karena si A atau si B terkait kasus-kasus atau masalah politik yang merugikan rakyat banyak secara moral saat ini, dan saya tidak menyalahkan siapa-siapa di negeri ini. Akan tetapi nilainya memudar karena kebodohan kita sendiri yang mudah tertipu oleh bangsa luar yang datang dengan kocekan dollar yang bisa membeli ribuan ocehan.

Saya biasa menyebutnya “(PS) Power and System”. Jadi, saya tidak bisa menyebutkan bahwa adanya krisis keadilan dan sebagainya di negeri ini. Soal menanggulanginya, kembali ke masing-masing sebagai (manusia) Indonesia yang dikenal ber-agama dan berbudaya. Dimana kita jangan mengaitkan politik dengan agama, maupun hal lainnya. Mengutamakan pendidikan yang baik dan benar.

Mewujudkan bersama sikap toleran yang tinggi, itu aja. Soal lain saya tak paham, jadi kembali ke kitanya masing-masing yang sadar akan bangsa yang ber-agama dan berbudaya. Bukan bangsa yang berpolitik & abal-abal.

Sebagai salah satu perwakilan masyarakat Indonesia yang berasal dari timur, adakah pesan terhadap pemerintah Indonesia yang ingin disampaikan?

Halo pemerintah indo yang sibuk dengan vlog di youtube.com. Saya Zein mewakili (Kami sebagai Timur), Kami Indonesia, Kami bangsa Indonesia, Kami cinta Indonesia, dan Kami Langit dan Bumi Indonesia. Kami yang selalu menjadi Dapur untuk Indonesia. Hargailah kami, hak-hak kami sebagai warga negara

Adakah shout out yang ingin diberikan terhadap pembaca Hiphopindo.net?

Make Art Not War

 

Zein Panzer: Indonesia means Peace | Source: https://lensatimur.com/andalan/karya/zein-panzer-karya-keadilan-toleransi/

Zein Panzer: Indonesia means Peace | Source: https://lensatimur.com/andalan/karya/zein-panzer-karya-keadilan-toleransi/

Comments

comments

INDO FILEZ RAP

2 Comments

  1. Sandino Reply

    The best bro!

  2. A Blow Reply

    The best and good job!
    respect babang zein panzer

Leave a Reply

*