Yacko – Hiphop menggila di Social Media

1334138082_FR_kecil

 

“HipHop Indonesia saat ini menggila di sosial media, terutama di dunia maya,” ujar Yacko di sore itu. Tapi selain Igor Saykoji dan Iwa K, Yacko melihat sepertinya belum ada lagi regenerasi artis HipHop yang terekplotasi lewat televisi. Hal ini yang kemudian menghadirkan pertanyaan bagi seorang Yacko, “Siapa sih artis HipHop yang sekarang di-sign sama label besar?”

Bicara tentang perkembangan musik HipHop Indonesia, Yacko rapper yang pernah turut meramaikan album Pesta Rap 2 ini, tanpa bermaksud menggurui, ia pun ingin berbagi beberapa tips untuk kamu-kamu yang ingin terus eksis dan berkembang di dunia HipHop Indonesia.

Cari tau apa objektif lu!

Apakah kamu ingin dikenal secara nasional atau hanya ingin terus berkarya dan terus berkarya dalam dunia HipHop ini. Once, kalian tahu apa yang kalian mau, baru tentukan taktikal strateginya.

Start from Radio? Why Not!

Untuk yang mau dikenal secara nasional, radio bisa jadi salah satu pilihan media yang tepat. Walau bisa dibilang radio masa kini, banyak dikuasai label-label besar, tapi tak menuntup kemungkinan, karena toh masih ada beberapa Music Director di beberapa radio yang open dengan musisi lokal.

Dan setelah itu kembali bagaimana cara kamu mem-package karya-karyamu,”Mulai dari covernya, mixingnya, gimana caranya biar pas orang denger gak sakit telinganya. Lalu bikin semenarik mungkin, ingat tiap harinya radio banyak menerima kiriman demo, jadi bikin se-eye cathing mungkin.” Jelas Yacko.

Catchy words!

Bikin lagu dengan kata-kata yang lucu, powerful dan kalau memang tujuanmu lewat radio, hindari penggunaan kata-kata jorok, karena apa? Karena ketika lagumu mulai diputar di radio, ingat bukan pecinta HipHop saja yang akan mendengarkan lagumu!

 Social Media, Youtube!

Nah untuk kamu yang tujuannya memang berkarya, beragam sosial media yang ada di dunia maya, siap untuk “menerima” apa pun karyamu, sebut saja soundclod, reverbnation atau YouTube! Dari bikin video narsis, video clip ataupun webseries semua tinggal kamu upload saja.

Be flexible

At the end. Terus berpegang teguh sama apa yang jadi objektifmu, dan ketika kamu tau apa yang  kamu mau, mau dibawa kemana HipHop yang kalian ciptakan, baru kemudian buat strategi taktikalnya. “Consiflex! Consistent with your objective, but flexible on the way you reach it,” ujar Yacko saat menutup perbincangan.

L.W.

Comments

comments

ARTICLES INDONESIA RAP

Leave a Reply

*