Wonosobo Art Kru (WAK)

Street art yang pertama kali muncul di Wonosobo pada tahun 2005, awalnya berasal dari karya stensil bertulisan “RIOT” yang hingga saat ini belum diketahui siapa pembuatnya.

Hingga akhirnya di pertengahan tahun 2006, mulai bermunculan kelompok street art di Wonosobo seperti Bomb-d, Invader-B, Dicksquad, dan Playgroup, bersamaan dengan tren HipHop di kota ini.

Di tahun 2008, muncul konflik antar kelompok yang berimbas pada terhambatnya perkembangan street art di kota ini. Konflik yang berawal dari selisih paham HipHop antara Bloodz dan Cripz, yang kemudian membuat semua kelompok terpecah belah.

Perselisihan inilah yang memicu para kelompok street art untuk mengakhiri konflik dan membentuk suatu wadah untuk menyatukan semua kelompok street art  di Wonosobo.

 Wonosobo

 

Berangkat dari insiatif Bomb-D yang ingin menyatukan kelompok-kelompok graffiti yang terpecah belah karena konflik. Wonosobo Art Kru (WAK) yang beranggotakan Bomb-D, Invader D, Dicksquad, Playgroup, Screp, ACB, dan masih banyak lagi ini, dibentuk dengan misi memberi warna pada kehidupan Wonosobo agar tidak terkesan beku dan mati. Mereka-mereka ini berkomitmen untuk memproduksi karya dan berlomba untuk menunjukan eksistensi di dunia street art. Dan mereka juga ingin mengubah pandangan negatif masyarakat terhadap street art, menjadi sebuah penghargaan terhadap karya seni yang ikut memperindah kota Wonosobo.

Disadur dari Booklet ISAD Festival 2013.
<b>Info lebih detail:</b>
w. isadonline.net
t. @I_S_A_D
fb. Indonesian Street Art Database
e. indonesianstreetartdatabase@gmail.com

Comments

comments

ARTICLES GRAFFITI INDONESIA

Leave a Reply

*