Urbain Clothing Jakarta

bisnis online

Mengenai dunia bisnis, para pecinta Hip Hop Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan brand Urbain yang dijalankan Bian Bboy Indo. Saat ini, Bian sedang sibuk menjalankan bisnis Urbain Clothingnya bersama dengan teman-teman Urbain Inc.

Sebelumnya, dia sempat juga berbisnis Urbain Magazine. Namun karena mahalnya ongkos cetak majalah dan hingga saat ini hampir semua hal sedang mengarah kepada proses digitalisasi, majalah cetak sepertinya bukan jadi target bisnis yang tepat.

(sumber foto: instagram URBAIN )

Jakarta vs Everybody merupakan salah satu design Urbain Clothing yang paling populer. Namun, hal ini tidak menandakan bahwa Bian lebih memihak pada komunitas Bboy di Jakarta daripada daerah lainnya. Design ini mencontoh brand US, Detroit vs Everybody, yang mana setelah itu banyak kota-kota lain di US juga membuat brandnya sendiri seperti Los Angeles vs Everybody, Miami vs Everybody, dan lain-lain.

Alasan lainnya juga karena Bian mempunyai karakter yang kompetitif dan suka bersaing dalam bidang apapun. Akan tetapi, design yang lebih banyak berbau Jakarta ini membuat bisnisnya sulit menjangkau daerah di luar Jakarta.

Design Urbain Clothing Source: Instagram @Urbain_Inc

Design Urbain Clothing
Source: Instagram @Urbain_Inc

Beralih pada perannya sebagai president Bboyindo, salah satu inovasi Bian adalah menyatukan berbagai street culture di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Bboyindo juga akan mengadakan beberapa kegiatan bersama komunitas skaters, inline skaters, freestyle basketball dan lain-lain yang masih di bawah naungan street culture.

Inovasi ini sudah berhasil dicapainya dengan adanya event bernama Barbeque Jam. Walaupun belum bisa merangkul Big Boys dari skate, akan tetapi support sudah berdatangan dari komunitas streetball, freestyle basket, dance, emcees dan aggressive inline skate.

Tidak bisa dielakkan lagi, dalam era digitalisasi ini, Youtube merupakan salah satu wadah yang sangat berpotensi untuk lebih mendekatkan Bboy dengan masyarakat umum. Hal ini membuat Bian juga terpikir untuk membuat vlog bersama Urbain Inc., yang walaupun belum bisa dibuat sekarang, akan tetapi sudah menjadi salah satu rencana untuk ke depannya.

Nonton Bian didalam Film Dokumenter BlackBook Indonesia #BlackBook2012

Comments

comments

STYLESHEET

Leave a Reply

*