@SwerteMC – Relawan untuk Pelatihan Membuat Video di Aceh

Swerte adalah seorang Rapper saat ini bertempat tinggal di Dubai. Pada Era Hiphop Indonesia di tahun 90-an akhir, Swerte sangat aktif ikut dalam panggung-panggung Hiphop di Jakarta saat itu.

Saat ini Swerte bersama teman-teman di HandHeldStories.com bermaksud melakukan pelatihan pembuatan film untuk anak-anak panti asuhan yang ada di Aceh.

lebih lengkap tentang @SwerteMC

Handheld Stories dikutip dari http://handheldstories.com/

HandheldStories.com adalah kolaborasi berbasis relawan, pendidikan dan media-seni yang menyediakan alat penciptaan media dan pelatihan bagi kaum muda di seluruh dunia. Handheld adalah tempat penyaluran yang kurang terwakili oleh masyarakat, dimana merencanakan masa depan yang aman dan stabil tanpa terganggu oleh keadaan politik, sosial atau ekonomi.

Cerita Handheld tidak berusaha untuk memajukan atau mendukung agenda politik tertentu, berangkat dari ide sederhana bahwa manfaat dari memperluas dunia komunikasi dan pertukaran ide kreatif.

Bagaimana cara kerjanya?
HandheldStories.com menyediakan peralatan (kamera video, komputer untuk mengedit dan proyektor video), relawan (profesional di bidang industri dan pendidik) dan kurikulum untuk video pelatihan. Pada puncak dari lokakarya ini, peserta HandheldStories.com  memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk produksi video semi-profesional dan berbagi pekerjaan mereka dengan komunitas online global.

Trainee, anak laki-laki dan perempuan, rentang usia 10-16. Calon yang dipilih direkomendasikan oleh tokoh masyarakat dan pemuda yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang situasi mereka. Relawan HandheldStories dengan berbagai keterampilan yang akan menjadi mentor. Selama periode 1 sampai 2 minggu, trainee HandheldStories melakukan pelatihan di lapangan: lingkungan, jalan-jalan,dan rumah mereka. HandheldStories menyediakan pengawasan proses dengan bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan tim yang memiliki kesadaran dan pengetahuan yang berkompeten.

Setelah beberapa hari dan bekerja dalam tim, siswa didorong untuk melakukan sendiri dan menangkap cerita yang paling mewakili pengalaman mereka sendiri, di mana mereka hidup dan tumbuh sehari-harinya. Relawan kemudian menawarkan umpan balik dan kamera akan diteruskan ke anggota tim lain, dan proses berlanjut. Setelah menangkap rekaman mereka, relawan HandheldStories, menggunakan program pengeditan sederhana, mengajarkan dasar-dasar editing sehingga memberdayakan penciptaan narasi pribadi yang akurat dan tidak bias. Setelah film selesai, trainee meng-upload karya mereka ke YouTube atau Vimeo untuk berbagi dengan komunitas online.

Misi kami
Tujuan dari HandheldStories adalah untuk memberikan suara ke seluruh dunia. Untuk menyuarakan kelompok yang kurang terwakili di area global dan online. Membawa cerita-cerita yang belum mendapatkan jawaban oleh media mainstream atau komersial.

Cerita Handheld mengajarkan melek media kepada masyarakat di seluruh dunia melalui workshop dan program tindak lanjut secara online. Melalui media baru sehingga menciptakan kesadaran akan isu-isu dalam cara-cara baru yang inovatif, oleh orang-orang yang terlibat langsung dalam pengalaman isu-isu tersebut.

Etos inisiatif ini adalah bahwa pendidikan dan representasi adalah kekuatan yang mendalam dan kuat dalam mempromosikan perubahan sosial. Dengan memberikan anak-anak alat untuk mendokumentasikan kehidupan mereka sendiri – tanpa terkendala oleh media mainstream – suara unik mereka dapat didengar. Suara mereka akan beresonansi dengan khalayak global melalui online platform (telpon genggam/gadget)

Comments

comments

ARTICLES HOT INFO INDONESIA

Leave a Reply

*