Solusi untuk perkembangan Hiphop Indonesia

bisnis online

Beberapa waktu yang lalu artikel dari mas Farhandika Mursyid yang bisa kita baca di web Kompasiana, menjadi ramai dikunjungi pembaca. Hingga saat ini artikel tersebut sudah dibaca hampir 800 orang.

Memang artikel yang berkenaan Hiphop Indonesia saat ini menjadi seksi sekali untuk dibaca dan banyak peminatnya. Sejak tgl 18 November juga kita bisa melihat Bang Sule juga ikut-ikutan fristel (freestyle), katanya Hiphop lagi ada apa gitu. Judul PENGEN JADI RAPPER SEPERTI IWA K DAN SAYKOJI pun dibuat dengan huruf kapital sehingga mengundang penonton yang banyak.

Balik ke artikelnya mas Farhandika Mursyid, berikut adalah sebagian kutipan tentang penawaran solusi untuk kemajuan skena Hiphop Indonesia yang selama ini menjadi pembahasan banyak orang, berikut adalah kutipannya:

Untuk artikel lengkapnya bisa klik di sini : http://www.kompasiana.com/dokterforamen/penghargaan-masalah-baru-hip-hop-indonesia_5830634a0f9373521ee149b2

Terakhir, tentu saja tulisan ini tidak akan bagus jika saya tidak lengkapi dengan solusi yang akan saya tawarkan untuk permasalahan yang saya bahas ini.

Berikut adalah penawaran saya

1. Media yang Representatif

Diperlukan adanya media online yang cukup relevan dan adil untuk mempromosikan karya Hip-Hop Indonesia. Berbicara tentang media, tentu saja zaman sekarang ini makin banyak orang yang condong menggunakan Internet untuk mengakses berbagai informas.

Dahulu, kita memiliki situs seperti HipHopHeroes.net yang relevan dan selalu mengabarkan berita tentang Hip-Hop di seluruh Indonesia, tetapi sejak situs tersebut memutuskan untuk mati, Hip-Hop seakan kurang memperoleh promosi bagus di Indonesia.

Ditambah lagi dengan situs HipHopIndo.net yang terkesan kurang netral dan kurang rajin dalam mempromosikan Hip-Hop di Indonesia. Langkah bagus lainnya sudah diterapkan oleh stasiun radio MSTRI FM di Jakarta dengan memunculkan program Hip-Hop seperti 8 Bar, dan disertai dengan aplikasi yang memudahkan kita untuk streaming program mereka.

Ditambah lagi dengan stasiun seperti DEMAJORS RADIO, atau ROOTS BLOCK di Oz Radio. Tetapi, keberadaan mereka belum cukup untuk mempromosikan Hip-Hop, harus ada promosi yang cukup juga dari radio-radio di kota lainnya, mengingat radio juga sekarang ini bukan cara yang efektif untuk mempromosikan lagu.

Sangat disayangkan jika lagu yang banyak dipromosikan condong ke lagu Pop atau lagu yang terkenal secara nasional, ketika kita juga memiliki bakat yang bagus dari daerah-daerah lainnya.

2. Kembalikan album kompilasi hip-hop!

Era 90an merupakan era yang sangat berkesan buat fans Hip-Hop tanah air, selain fakta bahwa memang era tersebut disebut sebagai golden era of Hip-Hop dengan munculnya banyak rapper kenamaan di Amerika, seperti Tupac, Biggie, Nas, Jay-Z, Wu Tang Clan, Dr. Dre, Snoop Dogg, dan lainnya.

Era ini bisa dibilang sebagai era kelahiran Hip-Hop di Indonesia, ya, meski Farid Hardja atau Benyamin Sueb kerap dianggap sebagai orang yang secara tidak langsung memperkenalkan gaya musik Rap di Indonesia. Tetapi, era 90an disebut era dimana orang tertarik untuk mengulik lebih dalam kultur Hip-Hop.

Hal ini juga dibuktikan dengan munculnya album kompilasi “Pesta Rap” di Indonesia, yang cukup mulai membuka pintu buat beberapa legenda hip-hop Indonesia lainnya, seperti Neo, Saykoji, Sweet Martabak, Mizta D, Blakumuh, Yacko dan lainnya.

Mungkin jika ada label besar di Indonesia yang tertarik untuk berinvestasi merilis album kompilasi Hip-Hop, seperti yang pernah diterapkan pada musik Pop atau musik Rock, bisa saja kelak akan membuka pintu untuk rapper di seluruh kota untuk memperoleh pancaran popularitas di Indonesia.

3. Perlunya perkenalan kultur Hip-Hop ke kalangan anak muda dan calon investor

Ini merupakan cara yang terbilang beresiko, tetapi tidak salahnya juga untuk dicoba. Bisa diakui sejak muncul Young Lex, banyak orang yang sok-sok ingin menjadi rapper. Seolah-olah, seperti mereka menjadikan Young Lex sebagai role model bagi rapper, meski sebenarnya masih banyak yang secara skill melebihi beliau.

Sehingga, diperlukan banyak sekali promosi ke kalangan anak muda, terutama mereka adalah pengakses Internet terbesar sekarang ini. Promosi kultur Hip-Hop dapat dilakukan dengan banyak cara, bisa dengan menyisipkan artis hip-hop pada acara Pentas Seni (Pensi) atau mungkin dengan cara yang lebih kreatif, seperti menyisipkan kurikulum Hip-Hop di sekolah.

Hal ini sudah diterapkan oleh seorang YouTuber bernama Ridho Muhammad, dimana beberapa hari yang lalu, dia merilis sebuah video berjudul “Bocah Kampung” dimana di video itu ada 3 anak kecil nge-rap, tetapi dengan pesan positif dan kritik terhadap kenakalan remaja saat ini. Sangat inspiratif dan memukul banyak pihak.

Selain dari kalangan anak muda, perlu juga untuk memperkenalkan kultur Hip-Hop lebih mendalam terhadap calon-calon investor. Terutama untuk menggaet beberapa musisi untuk datang ke Indonesia, atau bisa membantu dalam pendanaan solusi-solusi yang sudah saya usulkan di awal tadi.

Sehingga, dia bisa saja berkontribusi positif dalam memajukan Hip-Hop Indonesia, meski awalnya bukan terlahir dari keluarga Hip-Hop. So, mari kita bersama-sama turut membantu untuk mengembangkan sayap Hip-Hop lebih jauh lagi, bahkan bisa menembus luar negeri, seperti apa yang sudah dilakukan oleh Rich Chigga. Hal ini juga sudah disampaikan Gbrand lewat verse terakhir dari lagu “Hypocrite” yang berbunyi

Tapi ku beritahu, kau itu anak panah
Butuh tarikan yang jauh tuk melesat lebih parah
Jangan merasa tak bisa mereka ular berbisa
Hanya bisa berdesis ketika merasa akan kalah
Hip Hop ku tidak hilang,
hanya lebih berkembang
Suatu saat tetap berdiri takkan pernah tumbang
Jika kau miskin lirik datang di aku dan ku sumbang
Lirik sepah ku buang, jadi hits kamu tuan.
Jayalah selalu Hip-Hop Indonesia!

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dokterforamen/penghargaan-masalah-baru-hip-hop-indonesia_5830634a0f9373521ee149b2

tulisan lain:
http://www.kompasiana.com/dokterforamen/kendrick-lirik-dan-kritik-untuk-hip-hop-indonesia_56da5dcbc723bdeb0ad803df

http://www.kompasiana.com/dokterforamen/meningkatkan-apresiasi-terhadap-musik-rap-di-indonesia_56e20cf08623bd1e1859c988

http://www.kompasiana.com/dokterforamen/sehatkan-otak-dengan-membuat-lirik-rap_56fb80ef3dafbd8708824e5e

Follow Farhandika Mursyid di:

Demikian sedikit kutipan dari tulisan mas Farhandika Mursyid, bila ada yang mempunyai pendapat lain atau mempunyai solusi lain silahkan comment di kolom bawah atau bisa memberikan tulisan lain sehingga tidak hanya memberi kritik tapi juga memberikan solusi.

*sumber gambar: https://c2.staticflickr.com/4/3517/3867466806_ce70933895_b.jpg

Comments

comments

ARTICLES

Leave a Reply

*