Saykoji Penggemar Berat Iwan Fals

bisnis online

Ignatius Rosoinaya Penyami, lebih dikenal dengan nama Saykoji, adalah salah satu rapper Indonesia yang terkenal dengan multitalent-nya. Selain di dunia musik, sosok yang juga akrab dipanggil Igor ini juga sempat memasuki dunia perfilman.

Bila sebelumnya dirinya terjun sebagai pemain dari beberapa film, kali ini dia sibuk scoring (pembuat  suara latar) film. Beberapa jenis scoring film sudah dibuat, mulai dari romantis hingga horror. Di tahun 2016 Saykoji menyelesaikan scoring sebuah film Horor berjudul The Doll.

Tak hanya scoring film, rapper yang telah memiliki anak dengan nama Aaron Miguel Penyami dari pernikahannya dengan Tessy Penyami, juga aktif bikin jingle untuk beberapa perusahaan yang menurutnya juga merupakan buah dari keahliannya di bidang rap. Pembuatan jingle ini diakuinya lebih menghidupi dan yang paling penting, bisa dikerjakan dari rumah.

Rapper yang merupakan penggemar berat Iwan Fals ini juga suka membuat lagu yang bertajuk sosial, alias lagu-lagu yang menyuarakan keluh kesah rakyat. Walaupun, dalam hal ini Saykoji mengaku bahwa industri musik saat ini sangat berbeda dengan era Iwan Fals dimana pada saat seseorang bikin sesuatu, semua orang akan tahu. “Sekarang gue bikin konteks yang sama (bertajuk sosial), biasanya akan tenggelam sama yang lebih ramai, yang lebih orang-orang cari.

“Gue mau bikin lagu sepositif apapun, kalau trendnya lagi gak kesitu, paling yang tahu cuma yang sepemikiran sama gue”,curhatnya. Menurutnya, musik rap sekarang sudah sangat berkembang dan arah musik anak muda sekarang sedang mengacu ke barat-baratan. Hal ini juga menurutnya tidak masalah untuknya, karena dia tetap membuat lagu yang sesuai dengan konsep bermusiknya, tanpa melihat apakah sesuai dengan keinginan publik saat ini atau tidak.

Sebagai sosok yang sudah lama berkecimpung dalam dunia rap, Saykoji menanggapi lagu atau rapper yang membuat lagu Diss,”Gue mendukung siapa aja yang ngerjain Hiphop. Apapun bentuknya, bahkan yang bikin lagu Diss ke gue. Bikin aja, yang penting Hiphop rame.”tambahnya.

Melihat lagu-Lagu rap Indonesia yg dinilai masyarakat merusak moral bangsa, hal ini ditampik Saykoji  yang beranggapan bahwa seni yang seperti itu di Youtube dari dulu sudah ada, dan tidak masalah asalkan penggemarnya bisa menyikapinya dengan baik. “Kita harus bisa bedain yang mana yang art dan mana yang realita.”sambungnya. Baginya, semua yang tampil di Youtube itu entertainment dan tidak bisa disamakan kalau di kehidupan nyatanya 100% seperti itu.

“Mereka yang gelisah gak terlalu mikir panjang. Karena kalau lo concern anak muda nanti arahnya gimana, kenapa lo gak dukung yang menurut lo beda aja. Itu bukan salah yang berkarya, yang berkarya ya berkarya saja.”ucapnya.

“Gue berkarya dengan konteks orang yang dengar terbantu untuk membangun dirinya sendiri.  Mungkin yang lain beda, ada yang mau cari nama, dan lain-lain. Mungkin pada dasarnya semua orang punya niat untuk berkarya yang baik. Gue gak ngerti orang lain arahnya gimana, terserah mereka. Kalau gue, gue mau berkarya supaya bisa menginspirasi orang lain untuk berkarya.”curhatnya.

“Banyak-banyakin karya. Kalau perlu, tunjukkin ke industri musik Indonesia, sudah saatnya rap ini potensial. Hiphop masuk ke industri, jadi bagian dari industri, jadi konsumsi banyak orang, lebih daripada yang sebelum-sebelumnya.” pesan Saykoji.

Berikut kita bisa lihat karya Saykoji yg terbaru di akhir 2016, dengan tema visual lights saber seperti dalam film Star Wars, lahirlah lagu berjudul Life Saver dengan tema lirik yang membawa kesan spiritual, cinta dan pencapaian dalam kehidupan.

Comments

comments

HOT INFO INDONESIA RAP

Leave a Reply

*