SanDre – Rap – Ruteng

Perkenalan saya dengan HipHop dimulai dari tahun lalu (2008) diawali dari kebersamaan dengan seorang teman Achy a.k.a Rapholic *Cie… Suka hiphop dulu karena sering dengar lagu dari Bang Lipooz sama 8ball.

Lagu hiphop pertama yang buat saya melirik musik ini adalah Ruteng Is Da City.Lagu berikutnya adalah Back Again_8Ball, Keren Cuy…Mantaplah….

sandre_ruteng_Hiphop2

Saya dari kecil juga memang sangat menyukai musik ini,tapi dulu masih jaman rap dengan aliran gangsta “The House Of Pain” dengan lagunya yang berjudul Jump Around. Acara Nikah,dsb dikota tempat saya berdomisili lagu ini sangat sering saya dengar, jika lagu ini tidak terdaftar diplaylist “Wah,Ucapkan selamat tinggal untuk para undangan
anda” *Bakarbakarbakar…JK

Hehe,lagu ini mampu memberi gairah bagi para pemuda kota dingin Ruteng.Sempat berpikir juga dalam benak saya “Sebenarnya ini lagu apa? Dengan nada keras dan kata” frontal yang saat itu saya cuma mengerti arti kata “FUCK”.

Dan ada beberapa bagian lirik yang menyuruh untuk melompat. Keren,saya sangat menyukai hiphop dari saat itu.Waktu itu saya bersama achy membuat satu grup bernama V.T.Z, satu tahun belajar mengerti rima, ketukan dsb dalam musik ini memang sangat sukar tanpa orang yang mengajari.

Ditahun 2009,akhirnya kami menemukan satu pencerahan yang sangat luar biasa. Kae wawan (*Bah.Manggarai) atau Bang Lipooz (*kata orang jawa) balik ke Flores setelah lama bergelut dengan musik hiphop disurabaya.

Waktu itu semua peminat musik hiphop mulai berkumpul dan menjadi satu dikota saya, perkumpulan ini dinamakan “RAPUBLIC RUTENG CLAN” dan dimotori oleh kae Lipooz. Sejak saat itu kami semua mulai diajarkan mengenal budaya dan elemen” dalam hiphop.

Cukup aneh memang disebuah kota kecil dibawah kaki gunung dengan penghuni yang berlatar belakang kurang mengerti dalam perkembangan jaman,melihat segerombolan anak” muda dengan tampilan baju besar,topi miring dan sepatu besar yang
dapat mengundang tawa sinis untuk penduduk di Ruteng.

Namun itu tak membuat kami pesimis dengan pandangan orang”,tetap optimis dan
melangkah maju itulah yang kami lakukan. Puji tuhan,akhirnya kami dapat mengeluarkan album kompilasi RRC yang bertitle Bongkar.

Setelah album menyebar kami mengadakan beberapa event battle rap,dance,dan perfoming rap.beberapa kali kami mengadakan acara seperti ini,dan akhirnya mampu membuka mata para remaja disana.

Banyak yang dapat saya pelajari dari hiphop,banyak juga rasa cinta dan solidaritas yang telah saya peroleh berkat kebersamaan kami. Saya lebih suka menyebutnya keluarga RRC dibandingkan perkumpulan,karena di dalam sebuah keluarga yang lebih tua akan lebih
hormati.

Begitu juga kami dalam keluarga ini yang lebih tua kami hormati sebagai seoran kakak,dan yang lebih kecil tentunya menjadi perhatian dari yang lebih tua.Saya juga tidak menyebut ini sebagai karir,hiphop adalah hobi saya dan bukan pekerjaan tetap saya untuk
menghasilkan uang.

Saya menjalani hobi saya untuk melukis pribadi,bukan untuk badai pujian yang akan saya dapat nanti. Yeah,itulah hiphop yang saya jalani,saya cinta hiphop bukan berarti
saya tidak mencintai keluarga serta orang” terdekat yang mampu memberi nilai lebih.It’s Just a Hobby Man,menurut pandangan saya.

Saya lebih mengutamakan sekolah yang akan menjadi masa depan saya,hiphop dibelakang yang akan saya jadikan motivasi untuk lebih giat lagi.”Hiphop Takan Pernah Mati”,tapi manusia akan mati bro.

Sekarang saya masih menempuh jalan terang saya untuk meraih gelar S1 disalah satu universitas dikota Malang. Masih aktif juga dalam hiphop,masih mengeluarkan beberapa singgle track jika punya waktu dan kesempatan.

Ya sudah bro,itulah tentang saya dan jangan melupakan Tuhan.
Keep Struggle Homie
Big Respectkel Single, dll

Contact
082 263 770 199

Social Media
Facebook : http://www.facebook.com/sandrerrc

Twiter : @SanDre_Stevon

Reverbnation :

http://sandrerap.blogspot.com/

Comments

comments

INDO FILEZ

Leave a Reply

*