Poulaia Family – Komplotan Hip Hop Medan yang Gawat

Meskipun tinggal jauh dari Ibu kota, semangat bermusik untuk memasyarakatkan Hip Hop di daerah asal tidak pernah padam. Salah satunya adalah Poulaia Family yang berasal dari Medan. Terbentuk dari gagasan sekelompok anak muda setempat, yaitu Mansen, Welly, Eitaro, dan Leztey, Poulaia Family pun disahkan pada 17 Mei 2007.

Tak lama setelah itu, Etter turut bergabung di dalamnya. Tim yang terbentuk dari kesamaan tujuan untuk industri musik ini telah menciptakan salah satu lagu yang menjadi anthem Hip Hop Medan berjudul “Medan City”.Satu demi satu kompetisi pun diikuti, dan gelar juara berhasil diraih. Setelah Eitaro hijrah ke Jakarta, pada pertengahan 2010, Poulaia Family kembali merekrut satu orang personil, yaitu Lejons yang dinilai memiliki karakter kuat.

Setelah merasa cukup melakukan pergerakan di kota Medan, Puolaia Family memutuskan untuk hijrah bersama-sama ke Jakarta hingga sekarang. Bahkan, saat ini mereka tengah mempersiapkan album yang berjudul “Manusia Pewarna”. Mau tahu lebih jauh tentang Poulaia Family dan Hip Hop Medan? Simak obrolan aku dengan Mansen di bawah ini.

Hip Hop Pagi, Poulaia Family! Apa kabar?

Selamat pagi Hiphopindo.NET !!! Puji Tuhan, kabar kita amat sangat baik, sehat, dan bugar selalu. He he he …


Boleh ya
kenalan dengan personil Poulaia Family?

Untuk personilnya Poulaia itu terdiri dari:
– Mansen Munthe (@Methosacrew) (@mansenn)
– Eitaro Nonaka (@Eitarononaka)
– Leztey (@Leztechno)
– Welly Tiwa (Da_White Line) (@wellytiwa)
– Etter (Da_White Line) (@Etteraritonang)
– Lejonnss (@Lejonnss)

Poulaia Family

Sudah berapa banyak single yang diciptakan Poulaia Family?

Single yang sudah kami keluarkan, yaitu Fade Up, Thanks Mom, Medan City, Anthem. Ternyata, salah satunya menjadi lagu fenomenal sampai sekarang, yaitu “Medan City”.  He he he … Pokoknya, kalau dibawa manggung pasti yang ikutan nyanyi itu banyak banget (sering merinding gue. He he he).

Kami mengeluarkan  single terbaru lagi di akhir 2010  yang judulnya “SKS” (Siapkan Kopekan Semalam). Single itu sering diputar di beberapa radio swasta di Medan, dan sering  juga di-request karena target pasar kami dalam lagu itu adalah anak sekolah dan kuliahan. He he he.

Kemudian, di tahun 2011 awal, gue dan Leztey menciptakan single terbaru dari @PoulaiaFamily yang judulnya “Pegang Tanganku”. Lagu ini hanya project dadakan iseng dari gue dan Leztey yang pada saat itu lagi berkumpul di @Posturstudio. Setelah lagunya selesai, langsung gue publish dan ternyata dalam 6 jam  langsung tercatat 1.000 download. Malah ada versi cover-coverannya lagi di youtube.

Pertengahan 2011, kami mulai menggarap album. Lagu-lagu di album kami kali ini benar-benar beda dan sedikit bocoran biar pada penasaran gitu. Ha ha ha…  Judul album kami “Manusia Pewarna” dan akan ada juga kolaborasi dengan Lloyd Popp. Pokoknya seru, deh. Nanti kalau sudah dirilis akan dikabarin pastinya. He he he. Akhir 2011, @PoulaiaFamily hijrah ke Jakarta dan @Archiebalds bergabung sebagai salah satu Produser di dalam Poulaia bersama Eitaro dan Leztey. Kami pun memulai karier yang baru di sini sampai dengan sekarang. He he he. Ya, kira-kira seperti itulah cerita tentang Poulaia, Lin 😀

Perjalanan yang cukup panjang, ya? He he he… Lalu, para personil Poulaia Family lagi sibuk apa, nih?

Kalau kegiatan, sih, beda-beda, ya. Kebetulan yang sekarang lagi di Jakarta cuma ada gue, Welly, Archie, dan Eitaro. Yang lainnya lagi ada urusan di Medan. He he he. Kalau kegiatan gue (@mansenn) sehari-hari palingan cuma buat lagu-lagu baru. Namun, kali ini gue nggak cuma membuat lagu Hip Hop, tetapi juga lagu band karena kebetulan gue dikontrak sama Once Mekel (ex Dewa19) sebagai songwriter di management-nya dia. He he he.

Kalau Welly lagi sibuk ngurus project-nya dengan salah satu rapper dari luar negeri. Kalau Eitaro, mungkin lagi sibuk shooting sana-sini, dan menggarap beberapa video klip rapper-rapper Indonesia. He’s a good Director. He he he. Kalau Archie, lagi sibuk produce beat yang bakalan dipasarin. Boleh check www.reverbnation.com/gubukbeat (Ha ha ha, promo gue gawat!!!). Leztey sedang sibuk mem-produce rapper-rapper yang ada di Medan, sekalian nge-chek markas Postur Studio katanya. He he he.  Begitu juga dengan Etter dan Lejonnss, mereka lagi kerjain beberapa project di Medan.

Udah semua ya? He he. Terus terus apa lagi, Lin?


Wah, pasukan yang benar-benar gawat, ya! He he he. Nah, kalau kabar Hip Hop Medan sendiri gimana? Masih terus melakukan pergerakan, kan?

Hip Hop Medan? Pastinya dong!!! Malah katanya sekarang makin ramai. He he he. Asik banget pokoknya, gue jadi pengen pulang, nih. He he he. Di Medan tuh asik banget. Anak SD juga udah banyak yang nge-rap. Ha ha ha. Gokil!!!

Ha ha ha, serius anak SD? Memang biasanya berkumpul di mana?

Kalau berkumpul sih ya di Medan dulu setiap hari ada di Postur Studio, Jl. Teuku Amir Hamzah No.23b. Nah, kalau di Jakarta, markas kami di POSTAR (Poulaia Star Residence) adanya di Jl. Lembah Pinang 5 No.19 Kav DKI-Pondok Kelapa, Jaktim.

Nah, ketahuan deh basecamp-nya! He he he. Kalau Hip Hop di Kota Medan sering mengadakan acara Hip Hop nggak?

Di Medan tuh sering banget buat acara. Dulu, waktu gue masih di Medan, setiap minggu pasti ada acara. Walaupun bukan acara komunitas Hip Hop, tapi setiap acara pasti memasukkan rapper sebagai pengisi acaranya. Banyak juga kompetisi-kompetisi rap. Pokoknya asyik deh. Cobain aja ke Medan, Lin 😀 he he he.

Boleh, kalau Hiphopindo.NET diundang, pasti datang ke sana. He he he. Menurut Poulaia Family, bagaimana kekompakan komunitas Hip Hop di Kota Medan?

Kekompakan komunitas Hip Hop di Medan itu kuat banget, sih, ya. Terus, komplotan-komplotan Hip Hop-nya juga banyak. Ya, cekcok sedikit nggak masalah, namanya juga Hip Hop. He he he. Yang pasti, Hip Hop Medan tuh asyik banget.


Ada project yang sedang digarap saat ini?

Project yang sedang digarap, sih, paling rencana untuk cetak album, terus shooting video clip, dan track track yang baru, sih, kayaknya. He he he, asyik!


Final question, ada pesan untuk Hip Hop Indonesia?
Jangan pernah merasa bosan, jenuh, ataupun pupus dalam bermusik. Rasa semangat bisa mengalahkan semua ketakutan Lo!!! Yakini kalau LO PASTI BISA CIPTAIN MAHAKARYA UNTUK DIRI SENDIRI. Tuhan punya rencana yang indah buat Hip Hop Indonesia. Peace, One Love.

@PoulaiaFamily
@mansenn
@eitarononaka
@wellytiwa
@leztechno
@etteraritonang
@lejonnss
@archiebalds
@methosacrew
@POSTURSTUDIO
@GubukBeat

 

Terima kasih sudah mau berbagi cerita dengan teman-teman Hip Hop Indonesia. Jangan pernah berhenti berkarya untuk Poulaia Family!

Comments

comments

INDONESIA RAP

Leave a Reply

*