NSG: Personality is Important

NSG Musik/GoodSign Media: Personality is Important

#Produser Musik Bag. 2

Masih dengan tema HipHopIndo.net (HHI) minggu ini tentang produser musik lokal  yang handal, kali ini HHI akan membahas profil cowok yang sudah mencintai musik sejak masa sekolah. Lama tinggal di luar negeri ternyata nggak membuat dia lupa dengan tanah airnya. Jauh-jauh mencari ilmu di negeri orang menjadi motivasinya untuk membagi apa yang telah didapatkannya tersebut ke musisi-musisi di ibu pertiwi. Tak hanya Hip Hop, ia bahkan membuat beat untuk berbagai aliran musik lokal di tanah air.

Nutyas Surya Gumilang, atau yang lebih dikenal dengan nama NSG, mulai membuat beat sejak masih duduk di bangku sekolah. Saking cintanya dengan musik, ketika tiba saatnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, NSG memilih untuk mengambil jurusan di bidang musik, Kingston University, London. Ia pun mulai mencoba mengulik musik untuk up and coming local artist. Selain itu, NSG sempat mendirikan band beraliran punk rap metal dengan nama GoKill. Tak puas sampai di situ, NSG memanfaatkan You Tube sebagai media pemasaran musik-musiknya, ia sering mengunggah video blog, comedy, dan beat lagu ke situs internet tersebut.

Cowok yang sempat bekerja untuk membuat DJ Hero game ini, kemudian ditawari menulis lagu sekaligus menjadi music director untuk Chipmunk dari label Sony. Begitu kembali ke Indonesia, NSG bersama kakak kandungnya, membuat label GoodSign Media.  Untuk labelnya tersebut, NSG kemudian membentuk sebuah boyband bernama NSG Star. Tak hanya itu, NSG pun menangani Willy Winarko Mixtape Vol. 1 The Introducing dan sebuah single religi NSG Star featuring Titiek Puspa. Nah, HHI mau ajak hiphopers untuk lebih mengenal sosok NSG lewat obrolan berikut.

Tetap cinta musik lokal meskipun lama menetap di luar negeri

Hai NSG, apa kabar?

Hai, HipHopIndo.net! Aku baik sekali, hai hai hai! Kamu gimana kabarnya? Baik kan? Pastinya, deh!

HHI selalu semangat, dong! He he he. Well, sudah berapa lama NSG terjun sebagai produser musik?

Sudah tujuh tahun lebih. Mulanya, tahun 2004 aku mulai mencoba bikin beat untuk anak-anak Grime MC menggunakan komputer sekolah. Lalu, aku masuk ke dunia Hip Hop setelah dikenalkan dengan komunitas teater, dan performing arts Roundhouse. Dari situlah, saat menginjak tahun 2006, produksi musikku mulai ke arah Hip Hop. Namun, nggak aku pungkiri juga kalau aku memang suka bikin beat Hip Hop sejak awal, meskipun lebih sering buat Grime karena environtment-nya.

Lalu, genre musik apa yang biasa diproduseri oleh NSG?

Aku biasa memproduseri berbagai jenis musik, di antaranya electro, pop, RnB, dance, rave, dubstep, Hip Hop, fidget house, sampai dangdut koplo.

Selama tujuh tahun berkarya, siapa artis yang paling berkesan untuk NSG?

Ada sebagian, tapi yang nomor satu adalah Eyang Titiek Puspa featuring NSG Star di track religi NSG STAR. She is the coolest person on the world, and super swag!

Videonya bisa dilihat di sini:

http://www.youtube.com/watch?v=31S1iI0Wiug

Tipe artis seperti apa yang dicari oleh NSG Music/GoodSign Media?

Talent, sincerity, personality, dan yang unyu-unyu.

Apa tips khusus dari NSG jika seseorang ingin menjadi produser?

Personal relationship, Love of music, air putih yang banyak. Lalu, kalau sudah selesai take vocal, artisnya ditawarin kue atau permen, hi hi hi.

Siapakah idola NSG pada masa kecil dulu?

 

Bondan Prakoso-Si Lumba Lumba.

Apakah album favorit NSG sepanjang masaa

Rap-Dr Dre (2001)
Acoustic-Tracy Chapman
Indie-Travis-The Man Who
Dance-Prodigy-Always outnumbered never outgunned
Hip Hop- Kanye West-College Dropout

Lagu apa yang terakhir didengerin NSG pada ipod/iphone?

Lagu yang habis aku produced.
NSG fun fact?

 

Aku suka kue.
Facebook or Twitter?
Dua-duanya.
Nice chat NSG. Ditunggu karya-karya gemilang selanjutnya, ya!

Salam Hip Hop!
Nutyas Surya Gumilang

NSG MUSIC / GOODSIGN MEDIA

Creative Director

NSG STAR

http://www.nsgstar.com

http://www.facebook.com/nsgstar

http://www.twitter.com/nsgstarmusic

http://www.youtube.com/nsgstarmusic

—————————————————-

#INDONESIASTANDUP

 

Comments

comments

INDONESIA MUSIC CLINIC

Leave a Reply

*