Nekrofon – Rapper Berbahaya 2017?

bisnis online

Hubungan antara rapper senior dan rapper muda Indonesia memang merupakan salah satu hal yang selalu menarik untuk diperhatikan. Tidak hanya sering terlihat saling DISS satu sama lain, terkadang mereka juga saling menunjukkan rasa respect dan membangun rasa kekeluargaan antar sesama rapper tanah air. Begitu juga dengan apa yang dipersembahkan oleh MC-MC muda dan senior ini saat rekannya, Ucok Homicide berulang tahun. Rand Slam dan teman-temannya, bahkan juga Doyz da Noyz, mempersembahkan sebuah lagu dengan judul Nekrofon sebagai bentuk hadiah dan respect mereka terhadap salah satu MC terbaik di Indonesia, Ucok Homicide.

Karya kolaborasi ini menunjukkan bahwa jarak tidak menjadi kendala bagi rapper Indonesia yang ingin menciptakan suatu karya, dilihat dari banyaknya rapper yang berasal dari daerah hingga luar negeri yang tergabung dalam pembuatan lagu ini. Pada hari Kamis (22/07/2017) lalu, Hiphopindo.net berkesempatan mewawancarai salah satu MC muda yang juga terlibat dalam pembuatan lagu Nekrofon. Simak wawancara Hiphopindo.net dengan Rand Slam berikut ini!

Siapa nama asli Rand Slam dan apa alasannya memilih nama panggung tersebut?

Nama asli saya Randi Ismail, saya hilangkan I nya terus acak-acak aja. Jadilah Rand Slam nama panggung saya, gitu.

Dari mana daerah asal Rand Slam dan sejak kapan berkecimpung dalam dunia rap Indonesia?

Saya asalnya dari Jayapura, Papua. Jadi saya lahir dan besar disana. Kemudian saya kuliah di Bandung dan sampai sekarang masih stay di Bandung, ngerap dan segala macamnya. Saya mulai serius di dunia rap sejak tahun 2013. Mulai ngerap sama Joe Million, sampai sekarang juga masih bareng-bareng.

Apa alasan dibuatnya lagu Nekrofon? Darimana ide pembuatan lagu berasal?

Alasannya karena kita mau ngasih kado ke bang Ucok Homicide yang mau ulang tahun dan satu-satunya yang bisa kepikiran adalah ngebuat lagu. Soalnya, kalau yang lain-lain bang Ucok tentu punya lebih banyak dari kami. Lagu itu ibaratnya kami memberi respect ke bang Ucok sekaligus hadiah dan MC-MC yang dikumpulkan adalah MC-MC yang mendapat pengaruh langsung atau pernah berhubungan dengan bang Ucok. Ide pembuatannya sendiri asalnya dari saya dan Senartogok waktu itu, karena kebetulan kami yang sering berinteraksi dengan bang Ucok selama di Bandung.

Mengapa lagu ini diberi judul Nekrofon? Apa arti dan alasan pemilihannya?

Judul Nekrofon ini dari Senartogok, dia yang ngasih judul ini. Judulnya diambil dari rilisan Homicide sekitaran tahun 2016, The Nekrophone Dayz, dan kita plesetin ke dalam bahasa Indonesia jadi Nekrofon. Untuk artinya sebenarnya gak ada arti khusus sih, mungkin bang Senartogok waktu ngambil memang ada arti yang dia pilih, tapi saya kurang tahu juga.

Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan lagu tersebut dan dari mana mereka berasal?

Jadi selain saya dan Senartogok, ada Joe Million yang asalnya dari Jayapura dan sekarang di Jakarta, Densky9 sebagai pembuat beat dari Jambi, saya sendiri dari Jayapura sekarang di Bandung, Senartogok juga dari Bandung, JuTa dari Jakarta, Alfabeta dari Maluku Utara (Ternate) dan sekarang di Bandung, Rekam Jejak dari Malang, Don Wilco dari Jakarta, Maderodog dari Jakarta, Leevil dari Sumatera, Kwalik Mega dari Aceh, MG dari Jaypura dan sekarang domisili di Jerman, Pangalo dari Toba, Altarlogika dari Bogor, Mohr Circle dari Manokwari sekarang di Bandung, Insthinc dari Makassar dan sekarang di Jakarta, dan terakhir ada bang Doyz da Noyz dari Jakarta yang sengaja kita pilih karena beliau merupakan salah satu rekan dekat dari bang Ucok Homicide.

Rand Slam

Rand Slam

Apa alasan dipilihnya rapper-rapper tersebut dalam pembuatan lagu ini? Apakah ada kesamaan pandangan terhadap rap Indonesia atau hal lainnya?

Alasannya karena pertama mereka yang punya visi yang sama dengan apa yang kami lakukan dan dengan tujuan lagu Nekrofon ini, di mana tujuannya adalah untuk melakukan selebrasi terhadap salah satu MC terbaik di Indonesia, yaitu Ucok Homicide. Rapper-rapper muda yang kami pilih ini adalah orang-orang yang secara langsung ataupun tidak langsung terpengaruh dengan karya-karya Homicide sejak dulu dan orang-orang yang saat ini sedang mendapat banyak bantuan dan saran dari bang Ucok Homicide selama setahun belakangan ini. Khusus untuk bang Doyz, kami pilih dia karena pasti beliau harus ada, sebagai orang yang berada satu generasi dengan bang Ucok dan sekarang bisa dibilang mereka berdua adalah panutan bagi kami MC-MC muda yang sedang bermunculan, terutama MC-MC yang ada dalam lagu Nekrofon ini.

Apa saja kelebihan atau keunikan dari masing-masing rapper tersebut?

Kelebihannya dari rapper-rapper ini tentu yang pertama adalah skillnya, walaupun masing-masing punya spesialisasi yang berbeda tetapi skills yang diperlukan dalam rap seperti multisyllable, flow, dan lain-lain itu mereka semua punya. Keunikan masing-masingnya adalah mereka punya delivery dan pembawaan yang berbeda, jadi gak akan ada dari mereka yang terdengar mirip. Jadi orang gak akan mungkin mendengar dan salah tangkap ini siapa karena mereka masing-masing memiliki ciri yang unik. Ciri yang unik inilah salah satunya alasan kenapa mereka diambil. Kita gak mau ngambil rapper yang terdengar sama dengan rapper lain. Jadi, kelebihan mereka adalah mereka terdengar berbeda dengan teknik yang serupa.

Dengan banyaknya pihak yang terkait, apakah ada kendala tertentu yang dirasakan dalam pembuatannya?

Gak terlalu sih karena kebanyakan dari rapper-rapper ini ketika dikasih beat, kita kasih tema seperti apa, mereka langsung kirim. Mungkin kemarin satu aja ketika bang Doyz yang sudah berkeluarga dan banyak urusan, beliau kebetulan susah untuk keluar ke studio dan studionya itu sendiri dari rumah bang Doyz agak jauh juga. Nah, untungnya ada yang terlibat di dalamnya, yaitu Don Wilco dan Altarlogika. Mereka berdua datang ke tempat bang Doyz membawa peralatan jadi bang Doyz bisa langsung take disana malam itu juga. Jadilah verse terakhir yang di take adalah yang dari bang Doyz. Seperti itu aja mungkin kalau bisa disebut kendala, yang lain alhamdulillah lancar karena kebetulan mereka semua bersemangat begitu dikasih project ini.

doyz-da-noyz-hiphop-indonesia

doyz-da-noyz-hiphop-indonesia

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya?

Soal waktu yang dibutuhkan mungkin sekitar seminguan lah, itu karena kami harus nungguin verse dari tiap orang yang berbeda daerah, kami kumpulin satu-satu. Selama sekitar lima hari banyak yang setor verse ke kami, kecuali bang Doyz yang benar-benar di saat-saat terakhir baru beliau bisa ngasih versenya. Jadi waktunya sekitaran semingguan gitu.

Mengenai lirik, apakah seluruhnya dibuat oleh songwriter atau setiap rapper membuat lirik sendiri yang kemudian dikombinasikan?

Lirik tentu aja dibuat oleh setiap rapper. Kami gak akan milih kalau ada orang lain yang nulisin lagu untuk si rapper ini. Jadi proses pembuatannnya adalah kita kasih beat, mereka nulis verse mereka masing-masing sebanyak 8 bait dengan tema yang kita kasih. Temanya adalah “Apa yang mau kalian lakukan dengan mikrofon yang kalian punya?”, dan uniknya, mereka punya sudut pandang yang berbeda tentang tema ini. Jadilah verse yang bervariasi, tekniknya juga bervariasi. Apa yang mereka lakukan itu benar-benar ngebuat lagu Nekrofon ini berwarna.

Siapa target yang ingin dituju dalam pembuatan Nekrofon?

Targetnya ya waktu itu sebagai persembahan atau tribute untuk Ucok Homicide. Tujuan lainnya adalah untuk memacu supaya teman-teman ini bersemangat lagi dalam membuat karya ke depannya, karena dengan adanya ini kan menjadi wadah dan bukti bahwa jarak itu tidak memisahkan kita dan tidak menjadi kendala bagi kita dalam membuat suatu track. 

Ucok Homicide | Source: http://hai.grid.id/

Ucok Homicide | Source: http://hai.grid.id/

Bagaimana respon Ucok Homicide setelah diberi hadiah lagu ini?

Beginilah kira-kira reaksinya. Beliau juga langsung ngheubungin semua rapper yang terlibat untuk ngasih ucapan terima kasih.

Reaksi Ucok Homicide

Reaksi Ucok Homicide

Apa pesan yang ingin disampaikan melalui lagu ini?

Pesan yang pertama, mau itu MC di mana pun berada, selama dia bagus, pasti akan kelihatan di lagunya. Banyak banget MC bagus yang ada di dalam lagu ini, tapi karena kendala mereka di daerah, jadi kurang disorot media. Kedua, skill yang generasi muda dapatkan ini secara langsung ataupun tidak kita dapatkan dari apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu kita, dalam hal ini bang Ucok dan Doyz, karena mereka berdua itu yang banyak mempengaruhi style dari rapper-rapper yang terlibat dalam pembuatan lagu Nekrofon ini. Hiphop akan selalu ada dan tidak akan lekang oleh waktu, dan MC yang sekarang ada adalah penerus dari MC yang sudah ada sebelumnya.

Apakah ada rencana untuk pembuatan videoklip atau rencana lain ke depannya dalam rangka promosi lagu tersebut?

Kalau rencana pembuatan videoklip sih belum kepikiran sampai sekarang, kami waktu itu memang kepikirannya untuk memberikan sebuah tribute untuk bang Ucok. Tapi kalau makin banyak orang yang share dan makin banyak yang suka mungkin aja kita bikin videoklipnya. Nanti kita bicarakan kembali dengan teman-teman di daerah, karena tiap daerah masing-masing punya kendala sendiri, orang-orangnya juga mungkin ada urusan sendiri, atau bisa jadi kendala di alat dan lain lain. 

Apa saja project yang sedang atau akan dikerjakan Rand Slam tahun ini? Apakah akan ada kolaborasi-kolaborasi lain dengan rapper lainnya?

Saya punya album yang sedang dikerjakan oleh label Def Bloc, itu adalah sebuah subsidiary dari Grimloc Records. Album saya yang akan keluar tanggal 30 Juli ini judulnya Rimajinasi. Selain itu, saya sekarang juga sedang ngerjain beberapa track lepas dengan rapper-rapper lainnya. Nanti kita akan tahu begitu akan rilis, ya.

Apakah ada shout out untuk pembaca Hiphopindo.net?

Yo, shout out untuk pembaca Hiphopindo,net terima kasih banyak karena kalian selalu aktif dalam menghidupkan hiphop Indonesia ini. Shout out untuk mereka semua yang masih terus berkarya, jangan pernah berhenti, jangan menyerah. Apa yang kalian bikin, terus aja bikin. Jangan takut gak ada pendengar atau apa, bikin aja dulu, pendengar akan datang sendirinya seiring dengan semakin banyak karya yang kita tulis. Selain itu, skill juga akan terus berkembang dengan semakin banyaknya kita membuat karya. Jadi, terus aja berkarya. Jangan putus asa, walaupun ini klise, tapi ini benar-benar udah saya alami sendiri. Shout out buat semuanya, keep hiphopindo alive!

Comments

comments

HOT INFO INDONESIA NUTRAX RAP

Leave a Reply

*