National Rap Competiton 2011 Tampilkan Rapper Se-Indonesia

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) kembali menggelar National Rap Contest 2011 yang ke-6 dalam rangkaian memperingati Hari AIDS Sedunia 2011. Acara yang bertemakan “Stop HIV & AIDS, hapuskan stigma dan diskriminasi di dunia kerja terhadap pengidap HIV/AIDS” ini, seraya mengajak masyarakat untuk menjauhi narkoba dan menghindari seks bebas yang bisa mengakibatkan HIV/AIDS.

Meskipun cuaca di Taman Menteng tak menentu, tetapi tak membuat antusias peserta, penonton, dan supporter dari masing-masing provinsi berkurang untuk menantikan siapa yang akan menjadi juara pertama. Acara yang digelar di Taman Menteng ini berjalan dengan lancar. Sebanyak 52 rapper dari 29 provinsi di tanah air turut berpartisipasi meramaikan acara.

Karena gue datang ke acara jam 2 siang, sayangnya gue nggak bisa melihat semua performance dari masing-masing provinsi. Gue hanya sempat melihat performance rapper dari provinsi Maluku Utara, Banten, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Perwakilan Nusa Tenggara Barat

Penampilan rapper asal Maluku

Dari ketujuh rapper yang masing-masing berasal dari berbagai provinsi, hanya rapper dari Yogyakarta yang paling menarik perhatian. Perbedaan mereka yang mencolok adalah mengenakan pakaian adat jawa ketika perform. Menurut gue, itu suatu usaha yang harus dihargai. Penampilan dari semua peserta akan dinilai oleh empat orang dewan juri, di antaranya Indra, Yosaji, Iwa K, dan John Parapat(sweetmartabak).

Rapper asal Yogyakarta tampil beda dengan pakaian adat

Setelah semua peserta dari masing-masing provinsi menampilkan kemampuannya, sebari menunggu hasil pemenang dari dewan juri, acara diisi oleh performance dari guest star. Tampil Optimuzt, Mack’G dan Jayko, dan Mali yang masing-masing membawakan tiga buah lagu. Selain itu, teman-teman dari Bboy Indo pun turut menampilkan keahlian mereka di hadapan penonton. Acara semakin meriah dengan adanya games yang berhadiah sebuah kaos keren dari Penny Jakarta.

Guest star: Optimuzt

Guest star 2: Mack'G dan Jayko

Guest star 3: Mali

Guest star 4: Bboy Indo

Sebelum pemenang National Rap Contest 2011 ini diumumkan, penonton dan semua orang yang ada di Taman Menteng dihibur juga oleh performance dari rapper kondang Iwa K dan Remon. Alhasil, penonton dan peserta yang tadinya hanya berdiri di samping panggung, segera berkumpul di depan panggung dan ikut bernyanyi (ngerap) dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh Iwa K.

Penampilan spesial dari Iwa K dan Remon

Tak lama kemudian, acara puncak yang ditunggu-tunggu pun dimulai, yaitu pengumuman pemenang. Ada yang menarik ketika MC berkata kalau peserta dari provinsi Banten dan Kepulauan Riau memiliki poin yang sama, yakni 2400 poin. Sedangkan, keduanya memerebutkan juara harapan 2 dan juara harapan 3. Menariknya, untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan posisi tersebut, mereka diminta untuk freestyle/battle rap. Peraturannya, yang mendapatkan suara teriakan paling banyak dari penonton adalah pemenangnya.

Setelah diberikan dua kali kesempatan untuk freestyle/battle rap, MC dan penonton pun setuju kalau perwakilan dari kepulauan Riau menjadi juara harapan 2 karena paling banyak mendapatkan suara dari penonton. Hadiah yang akan diterima peserta berupa piala dan uang tunai. Berdasarkan keputusan para juri maka didapatlah pemenang dari kompetisi ini.

Provinsi Banten mendapatkan piala dan uang tunai sebesar Rp1.000.000,-  sebagai juara harapan 3 dengan poin 2400. Sementara itu, juara harapan 2 dimenangkan oleh provinsi Kepulauan Riau yang berhak mendapatkan piala serta uang tunai sebesar Rp1.500.000,-. Provinsi Kalimantan Timur meraih juara harapan 1 dengan 2410 poin, dan membawa pulang piala serta uang tunai sebesar Rp2.000.000,-.

Juara Harapan 3: Provinsi Banten

Juara Harapan 2: Provinsi Kepulauan Riau

Juara Harapan 1: Provinsi Kalimantan Timur

Suasana semakin menegangkan ketika pengumuman pemenang tiga besar akan dibacakan. Pengumuman dimulai dari juara ke-3 yang dimenangkan oleh provinsi Sumatera Utara dengan poin 2420. Sumatera Utara memboyong piala dan uang tunai sebesar Rp3.000.000,-. Selanjutnya, juara ke-2 dimenangkan oleh provinsi DKI Jakarta dengan 2460 poin. DKI Jakarta yang menjadi tuan rumah pun mendapat piala dan uang tunai sebesar Rp4.000.000,-. Sementara, juara ke-1 dimenangkan oleh provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan total nilai 2490 poin. Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Yogyakarta membawa pulang piala dan uang tunai sebesar Rp5.000.000,-.

Juara ke-3: Provinsi Sumatera Utara

Juara ke-2: DKI Jakarta

Juara ke-1: DI Yogyakarta

Dengan dibacakannya pengumuman pemenang National Rap Contest 2011 yang ke-6 maka rangkaian acara pun selesai. Para peserta, pemenang, dan juri pun berfoto bersama di akhir acara dengan raut wajah penuh bangga dengan prestasi yang didapat. Peserta National Rap Contest pun berharap acara ini akan selalu ada sebagai pendukung terhadap rapper-rapper lokal yang muda dan berbakat agar lebih diakui di masyarakat.

Sukses terus BKKBN dengan National Rap Contest! Semoga dengan adanya acara ini dapat mendorong generasi penerus bangsa untuk menjauhi seks bebas yang bisa berakibat pada HIV/AIDS. Sampai bertemu di acara National Rap Contest berikutnya.

Video bisa melihat koleksi dari User Omdjoko di Yutub:

 

Comments

comments

ARTICLES INDONESIA RAP

Leave a Reply

*