MacK G – Rap – Jakarta

bisnis online

Gibran Prio Adihutomo, yang lebih dikenal dengan nama beken MacK’G, memulai kariernya di belantika musik hip hop Indonesia sejak tahun 2007. Rapper yang mengawali kariernya dengan mengeluarkan hit single pertama dengan judul lagu “Kuingin Kamu (yang mana…?)” -yang di produseri oleh Mo Charizma ini- merupakan salah satu artis dari Zero One Artist Entertainment pada tahun 2009.

Bagi rapper solo yang pernah membuat mini album di tahun 2008 -yang di jual secara hand to hand dan laku sekitar 100 kopi ini- menyanyi harus tetap menghasilkan uang karena tanpa uang, semua hanyalah omong-kosong. Setelah terinspirasi dari produsernya sendiri -yang telah lebih dulu memulai bisnis wardrobe- MacK’G langsung memutuskan untuk mengikuti jejak sang produser mencari pendapatan dari side job.

Mau ikutin cara MacK’G bermusik sambil cari penghasilan tambahan? Nih, HHI wakilkan kamu untuk interview dengan MacK’G yang sedang sibuk promo single barunya, Elo-Gue-End. Check this out!

MacK'G asik bermusik dan berbisnis

Foto: koleksi pribadi MacK’G

Hai, apa kabar MacKG?

Hai, baebae, Sist. 😀

Sepertinya lagi sibuk ya sekarang?

Hem, gue lagi gencar-gencarnya promosi sana-sini sambil bikin single baru sekaligus video teaser-nya juga. Ada juga video-video blog liputan saat perform. Tahun ini juga lagi sibuk dengan tahap editing. So, stay tune on my youtube channel! gue menerima kunjungan ke sini, nih www.youtube.com/mackgindonesia2010.  Selain sibuk jual-jual musik sana-sini dan ngerjain lagu buat MacK’G sendiri, gue juga lagi memproduseri beberapa artis baru dari OneTwo STUDIO untuk Zero One Entertainment. Selebihnya, sibuk kuliah aja. 😀

-Masih sering manggung di mana aja?

Masih sering manggung di pensi-pensi SMA aja, terus di eventevent, yang yaaaa… Alhamdulillah lumayan gedelah. Barengan Zero One Artist lainnya. Seperti di PRJ kemarin, terus di Tumplek Blek barengan Arvisco, dan juga sempat bantuin Mo Charizma di acara Dahsyat untuk jdi Announcer-nya (Hype Man/MC).

-MacKG kan salah satu rapper yang mencintai bisnis juga, nih. Boleh ceritain tentang bisnis yang sedang dijalani sekarang?

Kalau untuk bisnis, sekarang gue memang lagi puter otak untuk menjalani sebuah bisnis yang bisa meraih laba cukup tinggi. Sempat mencoba bisnis sepeda Fixie, tapi akhirnya enggak ke- handle karena gue harus nyiapin video-video klip terbaru sambil tetap kuliah. Nah,akhirnya gue balik lagi ke bisnis awal, yaitu jualan musik dan buka studio recording (OneTwo STUDIO). 😀

-Apa yang membuat MacKG memutuskan untuk merambah dunia bisnis juga di samping nyanyi?

Hem, yang bikin gue memutuskan untuk berbisnis karena karier musik gue. Kenapa karier musik gue? Karena menurut gue, di Indonesia musik indie masih bisa dibilang “kuranglah” untuk mengharapkan sebuah penghargaan dari banyak masyarakat, terutama genre hip hop/rap. Dimana kondisinya sedikit-sedikit harus membuat hal yang komersil untuk bisa sign label agar “si musisi” bisa mendapatkan penghasilan kurang lebih sembilan digitlah, ya. Lalu, komersilnya itu yang bisa dibilang musik kita sendiri. Jadi, bukan curahan isi hati lagi, dimana yang hasil akhirnya itu membuat musisi kurang puas akan karyanya sendiri karena harus membuang egonya sehingga “si rapper” ini seperti bukan dirinya sendiri lagi. Nah, berangkat dari situlah akhirnya gue memikirkan caranya supaya gue bisa survive di karier musik gue tanpa harus membuang ego, tapi tetap bisa menghibur teman-teman gue yang men-support MacK’G tentunya.

-Menurut MacKG, sulit atau tidak menjalankan bisnis ini?

kalau dibilang sulit, sih…ya bisa sulit, bisa gampang. Di bidang bisnis, gue bergerak di musik juga, dimana gue harus mengarahkan artis-artis baru gue untuk membuat lagu menjadi enak didengar, dan ngikutin apa yang gue mau. Jadi, karena kapasitas orang kan juga beda-beda, Sist… kadang agak susah juga. Selama gue ngejalaninnya enjoy dan have fun, buat gue ya…its all good-lah. 😉

-Pernah mengalami kerugian?

Kerugian pernah pastinya. 😀

-Siapa sih yang pertama kali punya ide untuk turut berbisnis?

Yang pertama punya ide, terus terang gue terinspirasi dari produser gue yang sekarang ini…yoi, elo pasti tahu orangnya, Mo Charizma. Gara-gara dia, gue jadi pengen coba untuk merambah lebih dalam ke dunia musik, tapi gimana caranya tetap jadi duit! Ha ha ha.

-Kalau untuk bahan-bahan wardrobenya sendiri import atau lokal?

Ada yang import, ada yang lokal, Sist. Dipilih-pilih aja…*lho??:p

-Punya desainer pribadi?

Desainer pribadi untuk sekarang, sih, alhamdulilah sudah ada. Hemm, bukan untuk pribadi sih, tapi desainer biasanya untuk pengerjaan keperluan Zero One Company, seperti Zero One Clothing. Elo bisa cek di www.thisiszeroone.com kalau penasaran sama hasilnya.

Bisanya kalau untuk kostum panggung hunting di mana?

Macemmacem, kadang gue order dari situs luar, Sist. Kadang gue hunting ke Senen, Sency, kadang juga bikin baju sendiri.

-Ada pesan yang mau disampaikan dari MacK’G?

BANYAAAK!!! Ha ha ha.

“Gue mau menyampaikan ke seluruh hiphopers/rappers/apalah itu namanya, empat elemenlah yaa di Indonesia khususnya. 2011 kalau elo tahu, hip hop enggak ada duitnya,  just do your side job, Guys! Do the bussiness,Fo Sho! hari gini lo bilang ‘Hip hop sampai mati, hip hop tetap jalan tanpa duit, it’s bullshit, Man! Keep it real!’. Dari mana elo mau jalanin promo musik elo? Dari mana elo mau jalanin produksi musik yang bagus? Dari mana elo mau dilihat orang sebagai entertainer yang good looking? Semuanya cuma satu jawabannya, dari ‘UANG’. Jadi, sekali lagi, support hip hop lokal sekedar ‘koar-koar’ itu enggak ada artinya. Support hip hop lokal pakai uang!  Ha ha ha. Let’s make money, Guys! Peace”.

­-Thank you MacK’G.

Single terbaru MacK'G, Eloh Gue End

Nb: Setelah kembali di 2011 dengan video klip “Gee Dee Up”, MacK’G merilis lagu terbarunya yang berjudul “EloH Gue End”. Eloh gue end adalah bahasa gaul baru di tahun 2011 yang sedang in di kalangan remaja, terutama di dunia twitter. Bahkan sampai digunakan di sitkom Opera Van Java. Kali ini, MacK’G mencoba membawakan dengan ciri khasnya ditambah dengan pembawaan nge-rap yang lucu. Beat ini dikerjakan oleh Gibran sendiri. Eloh gue end merupakan single yang ear catchy dengan nuansa beat jazz.

DOWNLOAD ELOH GUE END KLIK LINK DIBAWAH

http://www.thisiszeroone.com/index.php?option=com_content&view=article&id=30&Itemid=12

Email : diz_gibranass@yahoo.com

Reverbnation : www.reverbnation.com/mackgindonesia

YouTube : www.youtube.com/MacKGINDONESIA2010

Facebook : Gibran Prio Adihutomo

Twitter : www.twitter.com/mackgindo

Web : www.mackg.thisiszeroone.com

Comments

comments

INDO FILEZ INDONESIA

Leave a Reply

*