LIRIK SAYKOJI DICURI???

Wesssss seru banget ni pas gw baca ada postingan salah seorang Rapper dari malaysia bernama Joe Farizal, mengutip lagu Rapper Indonesia saykoji dan mamorah menjadi single dia sendiri yang diupload ke dalam Myspace.com. Banyak pro dan kontra, gejolak dinamika sebuah pendapat terjadi di forum hiphopindo.net (halaaah) sampe Kaskus, meeeennnn forum indonesia terbesar dan tersohor di jajaran Alexa.net juga ikut-ikutan seru menanggapi peristiwa ini.

Joe Farizal

Daripada simpang siur, mending kita (kita? elu kaleee) tanyain aja langsung sama Igor a.k.a saykoji a.k.a studio babi nyengir heheehe

gimana ceritain dong dari awal kok bisa begini kejadiannya..? katanya lu pernah chating ama JOE?

Bukan chatting. Joe Farizal pernah ajak gue ngobrol lewat messaging dan comment di myspace. Nanya-nanya soal saykoji manggung. Apa bakal ke Malaysia dan sebagainya. Trus minta link soundclick. Ya gue tanggapi lah, namanya pengen bisa baik ama semua orang. Setelah itu memang sempat gak ada kabar atau saling ngobrol. Elo tau sendirilah kalau maintain myspace, friendster, facebook dll di saat yg bersamaan.

Mesti dibagi-bagi jatah fokusnya. Hehehe apa lagi sekarang facebook lagi seru2nya.

Nah sekarang masalah ini terjadi setelah gue liat postingan dari Mamorah di forum kita tercinta. Katanya ada orang yang namanya Joe Farizal dari Malaysia buat lagu hiphop pakai lirik gue, mamorah dan ben aka RAM dengan judul yg sama pula, ditaro di myspacenya. Dia juga claim kalau bentar lagi bakal keluarin album gitu.

Pas gue cek ke myspacenya, emang bener. Itu lirik gue di lagu Tahukah Kau yang gue kerjain bareng Haviz/Della MC/Batik Tribe/Booby Trap/Microba.. (buset pjg banget) dan ada scratch DJ Raddnya. Lebih parah lagi, si Joe Farizal ngeblock gue di myspace. Jadi gue gak bisa konfirmasl/klarifikasi. Sepertinya emang ada yang disembunyikan dari gue.

Gue gak marah ama dia. Dan gue gak pusing soal lirik. Jujur, rasanya bangga kalau ada yang sampai segitunya buat lagu pake lirik yang gue bikin. Tapi kan gue ama dia kan saling kenal. Bisa ngomong, bisa bilang dulu. Kalaupun gak mau bilang dulu gak papa deh, tapi kenapa gue mesti di block? Supaya gak bisa ngecek atau nanya gitu? Gue juga nggak mau membabi buta kayak anak kecil lah. Tapi gue juga gak bisa diam aja. Soalnya si Joe Farizal ini gak bisa dicontact.

Ya sudah, gue coba asapin dengan buat lagu COPY MY STYLE yang bisa elo liat di youtube. Nggak pakai makian atau cacian, tapi gue buat respon terhadap tindak tanduknya dengan menjelaskan perasaan gue. Kalau nggak berani ngomong langsung, ya sudah, kita selesaikan secara hiphop. SKILL VS SKILL. Nggak pakai bacot comberan kayak anak kecil. People need to know about this guy. Dan karakter serta kesejatian lelakinya dia perlu gue bentuk. Siapa tau lewat ini semua dia bisa jadi rapper yang lebih baik. Lebih skillful dan sukses di Malaysia.

Lha wong karena gue buatin lagu aja dia pasti jadi lebih terkenal (kayak axis, gue BAIK YAH..) Well sejauh ini segitu dulu.

seberapa penting buat lu hak cipta sebuah lagu?

Hak cipta penting untuk pihak perusahaan rekaman yang pemasukannya bergantung pada royalty dari lagu. Beberapa musisi juga bisa kebakaran jenggot kalau hak cipta lagunya dirubung semut dan digerogoti. On some level, gue anggap hak cipta itu penting, tapi uang dari hal itu NGGAK PENTING.

Gue pengennya hak cipta gue dihargai sebagai seorang pencipta. Tapi uang nggak penting, karena gue selalu bisa buat lagu baru, entah untuk gue sendiri, atau produce orang lain.

kepikiran ga, gara-gara peristiwa ini lu mulai mempatenkan lirik lagu..

Hmm.. belum terlalu juga sih. Gue yakin banget kalau gue selalu bisa buat lagu dengan tema baru yang jualan. Mau diembat, silahkan. Nanti kualitas yang akan berbicara.

apa karna ini mulai hati2 meletakkan lagu di internet?

Masih enggak juga tuh. Hehehehe. Masalahnya kali ini kan bukan pada lagunya, tapi pada karakter dan honour yang dimiliki si Joe Farizal. Gue tau kalo ada rapper buat lagu, dan dia pakai cara ngerap yang mirip dengan lagu yang pernah gue buat. It’s all good.

Gue belajar ngerap, ngikut dan jiplak rapper Amerika. Rapper Amerika ngerap, ngikutin root mereka dari African Griot. African Griot menceritakan cerita dengan repetan puitis mengikuti.. tauk deh jaman buku belum mulai ditulis mreka udah duluan kali ye.

sejauh mana internet music membantu saykoji?

Bangets. Lagu Pengen Kurus dan ONLINE itu belum ada albumnya. Tapi yang tau udah banyak. Manggung di daerah pun banyak yg tau.

Huhehehehe. Inspirasi, referensi, bahan sampling, tutorial, semua dari Internet. Gue akuin banyak hal gratis yang sering gue dapet dari internet, oleh karena itu gue suka juga bagi hasil karya gue gratis seperti Album2 Instrumental SAYKOLOGY (udah sampai 3 lohhh)

kebetulan ini kejadiannya kok sama Malaysia, gimana menurut lo?

Koreksi, sama orang Malaysia. Mau si Joe Farizal ini orang amrik kek, Indonesia kek, tetangga gue kek. Atau adek gue sendiri Raben, misalnya. Kalau bisa gue Tanya apa sebab mustababnya bertindak seperti itu pasti gak masalah. Bukan perkara Malaysianya, tapi ya orangnya doang. Gue buka thread di kaskus memang sebut bahwa rapper dari Malaysia yang makai lirik gue tanpa ijin.

Kalau kata AKIRA, I’ve done my mathematics. Gue mau liat efek respon orang sesama Indonesia seperti apa. Pas mereka udah koar-koar nasionalisme dangkal waktu kata ‘malaysia’ keluar, baru gue jelasin kalau kita harus jadi orang Indonesia yang lebih berbesar hati dan intelektual. Kalo gak gue sebut, lama-lama pasti ketahuan juga sama orang kalau Joe Farizal orang Malaysia. Toh hasil akhirnya sama juga, nyela Malaysians di sana sini

apa tindakan saykoji selanjutnya setelah bikin video balasan di yutub?

Ya gue posting dan sebar ke mana-mana. Contohnya seperti di kaskus tadi. Dalam satu setengah hari, viewnya udah 2000an. Gile. Dan mulailah masuk komentar-komentar anti Malaysia. Akhirnya gue hapus semua komentar, dan gue gak aktifin fasilitas droppin comment di video itu. Termasuk komentar yang support SAYKOJI. Harus adil men. Agak berpikir jauh ke depan, gue lagi merancang satu lagu kolaborasi dengan rapper Malaysia perihal masalah Indonesia Malaysia. Supaya kita bisa tunjukkin kalau ada anak dari dua bangsa yg serumpun ini yang berpikir above the little things called misunderstanding.

Ada pesan buat temen2 online?

Jangan kelamaan. Jangan abisin waktu liat bokep doang. Ayo buat beat biar bisa battle!!!

kalo saat ini lu bertatap muka sama Joe, lu mau bilang apa?

Thank you man. Lo buka kesempatan untuk hiphop Indonesia dan hiphop Malaysia sama-sama dilirik orang. Ayo kita makan-makan. Kalo ngerap elo udah lebih bagus, featuringan ama gue yuks?

any last message?

Yang masih mau mukulin orang Malaysia, pukulin gue yuk. Temen-temen gue orang Malaysia banyak yang baik dan asik. Gue mendalami hip hop terinspirasi Too Phat. Jadi gue Malaysian lover. Mereka nggak sempurna, KITA ORANG INDONESIA JUGA GAK SEMPURNA. Tanggal 15 Oktober gue pre soulnation di Barcode Kemang. Daftar d ferry yang mau mukulin gue ampe puas. Toh gue gendut, pendek, kecil, lebay. Gak bisa bales, gak bisa lari. Lumayan kan kejantanan elo bisa disalurkan.

Comments

comments

HOT INFO INDONESIA

Leave a Reply

*