Lagu Rap Lebaran 2016

Apa kabar Hiphop Indonesia? Selamat lebaran dan selamat merayakan hari raya Idul Fitri untuk temen-teman Hiphop yang merayakan di Indonesia.

Trus gimana? Apa kabar Rap di Indonesia setelah lebaran?

Kenapa Rap bukan Hiphop?

Karna Rap butuh sekali perhatian dalam perkembangan Hiphop di Indonesia, itu kata salah seorang teman fans hiphop yang sangat memperhatikan perkembangan Rap di Indonesia.

Kalo Hiphop secara keseluruhan di Indonesia sudah sangat berkembang, Graffiti Indonesia sudah mendunia, Gardu House di Jakarta sudah banyak membuat event-event Graffiti sukses, DJ-dj di seluruh Indonesia sudah berkembang sangat luas hingga kita tak bisa lagi membendungnya, Beatbox apalagi.. banyak yang sudah sukses bahkan membuat komunitas untuk tiap pelakunya masing-masing sampai B-boy juga sudah banyak yang membuat sekolah/kursus.

Trus gimana menurut lo?

Pendapat orang memang berbeda-beda, sebagai Rapper dan pelaku Hiphop lumayan sakit hati campur bangga mendengar statement tadi 🙂

Mari kita geser ke pinggir pendapat tadi, saat Lebaran kali ini ada 2 Rapper yang menarik perhatian merilis videoklip dengan tema lebaran, yang pertama adalah Libertaria yaitu projek Marzuki Mohamad aka Kill the DJ dari Jogja Hiphop Foundation.

Kemudian ada Rapper muda Gahtan Sakti, mungkin dia memulai karier sebagai penyanyi pop lalu RnB, tapi kami melihatnya lebih sebagai Rapper yang jago bernyanyi.

2 videoklip dengan tipe musik Hiphop kekinian

Sejak mendekati Lebaran, Libertaria melalui akun twitter @killthedj sudah aktif mempromosikan lagu Lebaran ini dengan berbagai gambar promosi di timeline. Banyak gambar-gambar menarik mulai dari motor Suzuki CUP warna merah olskul yang membawa banyak barang mudik hingga cara menjadi ninja sarung ala Marzuki.

Namun kami tidak melihat promosi yang gencar dari Gahtan, hanya beberapa mention dari akun twitter @Dycal01 dan @GahtanSaktie maupun akun instagram mereka.

Hasilnya hingga saat ini Video Libertaria lebih banyak ditonton dibanding video Gahtan. Walau hal ini belum bisa dijadikan patokan, apakah penonton Youtube lebih menyukai lagu Lebaran versi Libertaria atau Gahtan karna sesungguhnya mereka di dua pasar yang sangat berbeda dan Lebaran baru berlalu 1 hari 🙂

Kita tunggu saja nanti setelah 1-2 bulan video ini dirilis.

Tapi, lagi-lagi Lagu Lebaran yang kandungan Rap dan Beatbox nya diisi oleh artis Youtube Reza Oktovian dan Aa Utap. Video Lebaran kolaborasi bersama Eka Gustiwana ini sudah mencapai 500ribu penonton.

Social Media telah membangun dunia promosinya sendiri, jadi senjata atau jadi bumerang kembali ke kita sendiri.

Semakin banyak penonton panggung lini masa yang aktif, akan semakin cepat promosi produk bergulir. Namun selalu ada faktor X yang bisa dimiliki satu dari sekian juta video yang bisa saja meledak jumlah penontonnya.

Kalo lo percaya bahwa internet adalah fakta, lo mesti buktiin di situ (masih ada selisih antara viewer di Internet dan di panggung) – Pesan Iwa K dalam salah satu wawancara #BERBAHAYA HiphopindoTV

Jadi apa yang akan terjadi setelah lebaran 2016 dengan Rap di Indonesia?

Mungkin salah satunya kita bisa menunggu rilisan lagu dari Zero One dengan hashtag #ANJING

Lalu bagaimana dengan KAMU?

Comments

comments

HOT INFO INDONESIA RAP

Leave a Reply

*