Kontroversi dunia Hiphop menurut Ucok Homicide

bisnis online

Hiphop ga jauh dari kontroversi itu yang banyak orang bilang belakangan ini. Di luar pun kontroversi itu menjadi banyak menjadi perbincangan di media-media Hiphop. The Most Controversial Songs, Controversial Lyrics, Controversial Album Covers, Controversial Rapper dan banyak lagi.

Bila melihat elemen Graffiti di dalam Hiphop, cenderung karya Graffiti membuat kontroversi sehingga karya tersebut diingat oleh orang, menjadi perdebatan sehingga membuat Graffiti menjadi tetap hidup.

Graffiti menjadi kontroversi saat karya dekat dengan Vandalisme dilakukan ditempat tanpa izin, berisikan protes sosial, politik dan sebagainya. Namun itu juga yang membuat para bomber menjadi semangat dan tertantang membuat sebuah karya graffiti yang kontroversi.

Karya Graffiti artis Banksy dari Ingrris dilelang dan laku seharga  $479,926 di tahun 2007

Karya Graffiti artis Banksy dari Ingrris dilelang dan laku seharga $479,926 di tahun 2007

Kebetulan saja kemaren di Bandung juga sedang diadakan acara Bomb Da Town 2 yang diadakan oleh Drips n Drops, acara gathering Hiphop yang sudah dilakukan untuk ke-2 kalinya setelah sebelumnya sukses di Jogja.

Bomb Da Town 2 #bombdatown2 #bdg #dripsndrops #graffitiinprogress

A photo posted by Still Livin (@_sean.25) on

Entah kenapa di saat melihat postingan instagram dengan hashtag #bombdatown2 nama yang teringat oleh kami adalah Herry “Ucok” Sutresna aka Morgue Vanguard aka Lord Kobra dari grup Homicide.

Mungkin karna saat menonton film dokumenter #BlackBook2012 Ucok yang pertama kali mengangkat pembahasan tentang Graffiti di Indonesia di menit 2.00 video ini:

Gimana rasanya perkembangan graffiti di bandung saat ini, bila melihat memang sudah sangat gokil kemajuannya dibanding terakhir kita ngobrol di 2011?

Wah kayaknya jauh banget progressnya, maksud saya jauh lebih baik dan lebih bagus. Skill anak-anak sekarang mah jauh dibanding skill generasi graffiti pertama Bandung waktu dulu. Banyak faktor sih, terutama dalam hal akses tools (alat graffiti) dan sebagainya.

Boleh rekomendasi beberapa nama bomber favorit Ucok saat ini?

Haha, saya gak menelisik sejauh itu. Tapi Shakeyacan masih favorit saya meski dia ga baru-baru amat, mungkin karena penggayaan wildstyle-nya. Juga Yope – Bogor dan Chiko – Yogyakarta.

Final session days 3 at @muara.market

A photo posted by ivory chiko (@ivorychiko) on

? bersama @sicovercast ??#yogyakarta #grizzlybear #spraypaint

A photo posted by YOPE (@yopedeyz) on

Ngomongin Rapper ni, btw kenapa ya perkembangan budaya Rap rasanya tidak berbanding lurus bila bersanding sama kemajuan graffiti di Indonesia, terutama dalam jumlah penggemar?

Ngga juga sebenernya, Rap lokal jauh lebih baik juga berkembangnya, bahkan penyebaran udah sampai kota-kota kecil dan di luar pulau jawa dan bukan lagi langganan kota besar di jawa. Hanya saja yang terekspos selama ini yang memang hit di dunia maya. Banyak grup-grup rap atau MC baru yg bagus-bagus yang memang tidak terkoneksi dengan jejaring internet atau kurang terkoneksi.

Video Ucok dan Blakumuh di #Bombdatown2

? MCMV x Doyz – Testamen #bombdatown2

A video posted by Rizki Febrianto (@rizkijabs) on

Kalo ngomongin kontroversi di dunia Hiphop khususnya Rap, bagaimana pendapat Ucok setelah kejadian Young Lex yang sempet rame di dunia maya dan juga memberikan statement bahwa Ucok Homicide adalah Rapper Legend di Indonesia?

Kontroversi udah nature-nya dalam hiphop, gak ada yang aneh dengan hal itu. Saya rasa siapapun berhak ngaku “terbaik” dalam hiphop. Soal fakta, beda soal. Ada perbedaan antara klaim dan kenyataan.

Tapi di hiphop juga ada yang namanya respect, pay respect when respect is due. Mungkin itu yang Young Lex harus belajar. Mau itu strategi atau kebablasan. Yah maklum lah, anak muda. Lagi ngegas-gasnya kali. And seriously, im not even a legend, not on that level he thinks i am. I was just paying my dues, like any other mcs. Saya banyak ditanya oleh media soal ini, sialnya, sebelum kasus wawancara Young Lex kejadian, saya di wawancara oleh Beritagar ttg hiphop lokal panjang lebar.

Dan kayaknya ada disitu semua, karena saya ngga suka menjelaskan dua kali, mungkin bisa tunggu wawancara saya yang dibuat sebelum kasus kemaren rame.

#BOMBDATOWN2

Comments

comments

ARTICLES GRAFFITI HOT INFO INDONESIA RAP

Leave a Reply

*