Ini Dia, Graffiti Keren dari MASE Crew!

Karya seni berupa coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volum untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu, biasa kita kenal dengan sebutan graffity atau graffiti. Graffiti merupakan salah satu elemen Hip Hop life style yang nggak semua orang bisa lakukan. Hebatnya, para graffiti writer (penggambar graffiti) nggak pernah kehabisan ide atau inspirasi untuk menggoreskan coretan-coretan indah yang memiliki pesan dan makna tertentu di dinding-dinding jalan.

Hiphopindo.net berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol dengan salah satu komunitas graffiti yang karyanya sudah go internasional, MASE crew. MASE crew adalah graffiti crew yang sebagian besar anggotanya berdomisili di Jakarta. Didirikan sejak 2004 oleh dua orang graffiti writer yang  memang bersahabat, yaitu NSANE5 dan SAME33. Lalu, selanjutnya bergabung member-member baru, yaitu GRAVER, CABI1, dan MUMU. Pada tahun 2009, MASE crew kembali menambah anggotanya dengan menerima ABANG8, KUN, NAME2, dan NETIC9. Terakhir, pada tahun 2010, TUTU ikut bergabung dalam MASE crew sehingga total member sekarang genap 10 orang.

Nama MASE sendiri diambil dari “Mad Artists Striking Existence”. Seluruh member MASE crew, hingga saat ini masih belum berencana untuk memberikan identitas asli mereka ke publik. Karya-karya amazing dari MASE crew juga akan Hiphopindo.net tampilkan khusus untuk hiphopers. Ini menunjukkan bahwa Hip Hop, nggak terbatas pada musik tertentu dan aksesoris bling-bling-nya aja. Hip Hop jauh lebih luas dan memiliki banyak pesan yang bermakna. Jadi, simak obrolan Hiphopindo.net dengan MASE crew berikut.

MASE crew-CABI1

Hi MASE crew, senang sekali Hiphopindo.net berkesempatan buat ngobrol bareng teman-teman yang kreatif. Gimana kabarnya?

Halo HipHopIndo, what up?! Puji Tuhan, baik-baik aja nih kabar kita.

Apa sih alasan teman-teman MASE crew sangat menyukai dunia graffiti?

Hmm… Salah satu yang paling menarik dan membedakan graffiti dengan artform lainnya adalah dari persaingan di dalamnya yang sangat kompetitif.

Everyone wants to be the best. Everyone wants to beat the other person. It’s like a race without a finish line.

Namun, di situ tadi serunya. Di dunia graffiti, semuanya serba kompetitif, kalau kami lambat bergerak, pasti orang lain sanggup melebihi kami. Selain itu, buat kami pribadi, graffiti is like the thing that you do over and over again and never get tired of it. It’s the thing that we love so much and we just can’t live without it. Bottom line, it’s our passion.

Di mana biasanya teman-teman MASE crew menumpahkan ide-ide kreatif?

Like the other graffiti writers, of course kami paling sering menumpahkan ide melalui gambar di tembok. Mostly di Jakarta, tapi di kota-kota lain juga pernah, seperti di Bandung, Kudus, Semarang, Pekanbaru, Melbourne, Paris, dan lain-lain.

Dapat inspirasi dari mana untuk menggambarkan coretan-coretan yang bernilai seni?

Inspirasi bisa datang dari mana saja, dan bukan hanya dari karya-karya sesama graffiti writer. Contohnya pada tahun 2009 kemarin, MASE CREW membuat production yang menceritakan bagaimana graffiti life yang ada di Jakarta. Dalam production tersebut, terdapat gambar-gambar iconic yang merupakan cirri khas kota Jakarta, seperti Monas, TransJakarta,  bajaj, dan lain-lain. As you can see, inspirasi bisa datang dari hal-hal kecil di sekitar kehidupan sehari-hari kita.

MASE crew-ABANG8 & TUTU

Untuk proses pengerjaannya sendiri berapa lama?

Berbeda-beda. Tergantung dari apa yang sedang kita buat, dan apa yang akan kita buat. Biasanya ditentukan oleh ide, space, tools, dan waktu yang kita punya saat menggambar atau berkarya.

Alat  apa yang digunakan untuk menggambar?

Mostly spraypaint, cat tembok untuk background, roller dan caps. Sebenarnya, dalam menggambar atau berkarya bisa menggunakan medium apa saja, tapi dalam konteks sebagai graffiti writer, alat yang paling sering kami gunakan ialah spraypaint tadi.

Ada tempat khusus untuk belanja perlengkapan gambar?

Nggak ada tempat khusus. Ya… mostly, alat-alat yang kami sebutkan tadi bisa kalian dapetin di toko material/bahan bangunan biasa. Namun, untuk caps bisa didapetin melalui beberapa graff-store di Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta.

Dalam menjalankan hobi menggambar, tentunya karya kalian harus dipublikasikan dan menjadi konsumsi publik. Lalu, apa pernah mengalami pembajakan karya? Gimana perasaannya?

Pembajakan karya ataupun style/gaya oleh sesama graffiti writer dalam graffiti kerap diistilahkan sebagai “biting”. Tentu kami pernah beberapa kali mengalaminya, bahkan beberapa anggota MASE CREW menjadi langganan “di-bite” oleh para newbie. Ha ha ha.

Perasaannya campur aduk. Ya…sedih karena kita capek-capek put our heart and ideas into it, lalu ada orang yang seenaknya “bite” style kita. Namun, perasaan senangnya juga ada karena hal tersebut menandakan bahwa ada orang yang benar-benar menyukai karya kita sampai-sampai ingin membuat karya yang sama persis seperti itu.

Some people said that “biters” basically a big fans of your work but express it in the wrong way.

MASE crew-ABANG8

Apa ada teknik-teknik khusus yang harus dipelajari untuk membuat suatu karya grafitti?

Teknik bisa dipelajari otodidak dan akan meningkat seiring berjalan waktu, asalkan kalian-kalian serius menjalankannya. Namun, yang paling penting adalah kalian harus tahu “WHY” you want to do graffiti, bukan “HOW” nya.

Apa MASE crew punya kegiatan rutin, seperti ngumpul bareng atau latihan gambar?

Hangout bareng dan gambar bareng itu pasti. Namun, waktu dan tempatnya nggak pasti karena harus disesuaikan dengan schedule masing-masing member.

Ilmu grafitti ini kan masih belum banyak dikuasai oleh anak-anak muda? Kepikiran buat bikin sekolah atau kursus nggak buat yang berminat?

Kalau bikin sekolah atau kursus yang sifatnya akan dikomersilkan sih nggak yah. Namun, mungkin ke depannya akan ada workshop singkat dari kami, entah itu nanti free, atau pun ditujukan sebagai aksi charity. We’ll see about that later.

Boleh disebutin lagi anggota MASE crew? Lalu, apa saja syarat khusus buat gabung jadi anggota?

Ada 10 orang, yaitu ABANG8 (Melbourne), CABI1, GRAVER (Phillippines), KUN, NAME2, NSANE5, NETIC9, MUMU, TUTU & SAME33.

Syarat khusus nggak ada sih, tapi yang pasti kita punya kriteria cukup tinggi dalam memasukkan anggota, dan kriteria tersebut sifatnya rahasia yah. He he he. Intinya MASE CREW lebih seperti exclusive family, semua member kenal dekat satu sama lain, dan yang pasti untuk bisa masuk MASE CREW you gotta have the same jokes AND understand our jokes. Bercandaannya mesti sama! 🙂

Boleh dong request grafitti logo hiphopindo.net? He he he

Boleh dong! Nanti kita kirim tag tulisannya hiphopindo.net, tapi menyusul yah 🙂

Wah, ditunggu…He he he. Lalu, media mana aja yang sudah menampilkan karya MASE crew?

Books: Graffiti Asia by SRK Studio London, Stickerbomb, etc.

Magazine: HSM magz japan, Invasian magz, Babyboss magz, Nylon magz, Urbain magz, Hai, etc.

Website: mtn-world spain, invasian, etc.

Maaf pertanyaan yang ini agak sensitif, dari mana MASE crew mendapatkan modal untuk membuat karya grafitti?

We hustle. And we also accept commisioned jobs from people who need our work.

Apa planning MASE crew sampai akhir tahun 2011?

Kami ada surprise di akhir tahun nanti. Tunggu aja yah 🙂

Bisa nggak sabar menunggu surprise MASE crew nih. He he he. Terakhir, apa yang mau disampaikan untuk para penggemar grafitti se-Indonesia?

Always have faith. Be strong. Perfect practice makes perfect. Never stop learning. And don’t talk to much.

Also don’t forget to check our works at http://www.facebook.com/masecrew

 

 

Karya-karya graffiti keren MASE crew lainnya:

 

 

 

Graffiti writer: GRAVER

Graffiti writer: NETIC

Graffiti writer: NAME2

Graffiti writer: MUMU

Graffiti writer: MUMU

Graffiti writer: KUN

Graffiti writer: NETIC

Graffiti writer: KUN

Graffiti writer: TUTU

Graffiti writer: SAME33

Graffiti writer: NSANE5 & TUTU

 

 

 

Comments

comments

GRAFFITI INDONESIA

1 Comment

Leave a Reply

*