Hip Hop Jangan Setengah-Setengah, Lebih Baik Kecebur atau Tidak Sama Sekali

bisnis online

Sebagai salah satu personil band Rebel Education Project (R.E.P) yang juga terjun ke dunia hip hop tanah air dengan bergabung dalam grup kolektif Underground Bizniz Club (UBC), Tuan Tiga Belas berhasil membuka mata masyarakat bahwa kecintaannya terhadap musik dapat ia lontarkan baik dalam sebuah grup band maupun solo.

Single “On My Mind” yang dirilis pada tahun 2016 lalu telah menarik perhatian masyarakat akan sosok Tuan Tiga Belas itu sendiri. Tidak hanya berani bertindak anti mainstream dengan menyuarakan opininya mengenai realita kehidupan sosial masyarakat masa kini dalam lirik lagu-lagu yang dirilis oleh R.E.P, Tuan Tiga Belas dalam solo kariernya pun bertekad untuk mengangkat kembali boom bap yang sempat tenggelam dalam hip hop era kini.

Walaupun telah terbukti bahwa langkahnya untuk bersolo karier diterima dengan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat, rapper asal Jakarta ini tetap memiliki loyalitas tinggi terhadap bandnya, R.E.P. Bukan tanpa alasan, hal ini karena R.E.P dinilai memiliki visi misi yang sama dengan Tuan Tiga Belas. Simak wawancaranya dengan Hiphopindo.net berikut ini.

Source: https://www.instagram.com/tuantigabelas/

Source: https://www.instagram.com/tuantigabelas/

Boleh ceritakan bagaimana komposisi dari UBC?

Kalau UBC sebenarnya gue kan baru juga nih, sebenarnya itu cuma kolektif aja, seperti afiliasi orang-orang yang suka musik, nongkrong di satu tempat, bikin sesuatu bareng, gitu aja sih, mentoknya disitu. Kalau UBC kan sebelumnya memang grup graffiti, sekarang merambah ke musik. Kalau tujuan khususnya gue memang kurang tahu, yang gue tahu kita disana memang selalu bikin jadwal khusus untuk ngumpul, ketemu, brainstorm lagu, bikin musik bagus, sudah segitu aja memang porsinya.

Sepertinya diawal-awal Sonjah terlihat lebih ramai update tentang UBC, sekarang Tuan Tiga Belas yang lebih aktif di UBC, gimana ceritanya?

Setahu saya mas Sonjah sudah gak di UBC, alasan awal saya masuk UBC juga karena tahu Sonjah disitu. Cuma pas duduk bareng memang ternyata Sonjah sudah cabut ke Surabaya.

Apa saja kesibukan dan rencana Tuan Tiga Belas dengan UBC?

Rencana sih pasti ada, kita punya time table. Jadi masing-masing talentnya sudah diset-up. Seperti kalau kita mau bikin album, tinggal masalah penyusunan timelinenya aja sih. Target ke depannya pasti semuanya album.

Produksi sih palingan, kita cuma sekumpulan orang yang mau bikin musik bagus. Ada yang punya studio, ada yang beat maker, ada yang rapper, ya kenapa gak di combine aja jadi sesuatu gitu.

UBC 2017 guess we're ready ? @matter_mos @ramengvrl @tuantigabelas @lifeofgbrand #undergroundbiznizclub

A photo posted by Underground Bizniz Club (@undergroundbiznizclub) on

Sebelumnya Tuan Tiga Belas terlihat sibuk di R.E.P (Rebel Education Project) lalu sekarang di UBC. Bagaimana cara mengatur waktunya?

Gue kan memang masih di band, cuma kita lagi fokus bikin album. Karena lagi fokus album, kegiatannya harus berkurang. Sedangkan, gue orang yang butuh frekuensi yang cepat biar gue bisa tetap normal gitu, kalau gue agak bengong sedikit nanti gue ketinggalan.

Jadi gue izin ke teman-teman, “Selama masih proses album, boleh gak sih gue berkarya sendiri dulu? Biar sambil jalan aja, tapi utamanya tetap di band.” Jadi gue cuma butuh buat jaga frekuensi aja sih.  Kalau di band kan gue gak bisa main di acara hip hop seperti ini karena masalah teknis, jadi gue gak bisa ada di lingkaran ini. The only way, ya gue harus terjun kesini, know the culture, lihat langsung gitu.

Apakah passion Tuan Tiga Belas sebagai rapper baru terlihat setelah masuk ke R.E.P sendiri atau memang sebelumnya sudah mau masuk ke scene ini?

Sebelum R.E.P kan gue main basket memang bareng Rhyme-On(black skin – sweet martabak), jadi dapat banyak banget knowledge dari dia tentang pergerakan lokal. Kalau noticenya sih sudah dari dulu banget, cuma dulu ngerap sendiri gak ada tujuannya, yang penting bikin terus upload.

Ketika ketemu teman-teman band kan jadi lebih ada tujuannya tuh lebih ke kanan atau ke kiri. Jadi kalau misalnya scene yang sekarang gue tahunya dari sebelum ada R.E.P, sampai sekarang gue baru bisa terjun langsungnya setelah bergabung dengan R.E.P

Source: https://www.instagram.com/tuantigabelas/

Source: https://www.instagram.com/tuantigabelas/

Kenapa baru bisa terjun ke scene hip hop Indonesia setelah band R.E.P?

Sebelumnya gue gak punya jalur untuk masuk kesitu. Gak pernah ada di acara yang sama, ya karena gue memang gak manggung juga, bikin lagu cuma sekadar bikin aja, lempar. Turun ke lapangan baru bisa ketemu dan masuk lingkarannya.

Apakah ada pengalaman yang Tuan Tiga Belas rasakan atau dapatkan di R.E.P yang ingin ditularkan ke teman-teman di komunitas?

Jelas. Kalau teman-teman di R.E.P mungkin begajulan, tapi kita punya fokus, maksudnya kita punya standar. Oh berarti tahun ini harus ini. Kita punya tujuanlah, kasarnya. Maksudnya, ketika gue bawa ini ke komunitas hip hop lokal, teman-teman gue yang tadinya bikin lagu lempar gitu aja, manggung gak mau, gak seserius itu, akhirnya gue yakinin, “Karya lo bagus, man. Ayo dong, lo harus punya sesuatu yang bisa didengar orang banyak dengan proper.” Paling cuma kasih semangat-semangat gitu aja, sih.

Source: https://www.instagram.com/tuantigabelas/

Source: https://www.instagram.com/tuantigabelas/

Untuk Tuan Tiga Belas sendiri mau bikin album dalam waktu dekat atau gimana?

Ada sih, seharusnya akhir tahun ini. Tapi karena lagi fokus ke R.E.P jadinya ke delay. Tapi itu santai banget, gue gak pasang target, tapi kalau paling cepat sih pertengahan 2017 sudah keluar. Karena R.E.P lagi album, dan gue juga lagi ngerjain project kolaborasi tapi se-album sama High Therapy, makanya agak mumet kepala. Pelan-pelan aja deh.

Apa yang Tuan Tiga Belas harapkan dari teman-teman komunitas dan dari acara-acara hip hop yang rame saat ini?

Kalau acaranya sih yang pasti ke depannya lebih proper ya. Menurut gue events yang sekarang sudah bagus, tapi kadang-kadang cuma one single hit aja gitu. Seharusnya event gini di-maintain sama mereka tiap tahun makin besar pasarnya. Kalau event hip hop tuh gue pengennya lebih bonafide lah, event sekelas Java Jazz buat hip hop, gue pengennya itu banget tuh.

Kalau buat pelakunya ya, talentnya sih kalau gue lihat musisi lokal kita tuh punya sesuatu yang bisa mereka banggakan, tapi mereka kadang-kadang suka gak pede. Jadi ya itu kendala banget sih, gue pengennya musisi-musisi yang ngelakuin ini tuh makin sadar gitu, jangan lakuin setengah-setengah. Kecebur atau gak usah sama sekali lah, kalau menurut gue.

 

Sumber Foto: instagram Tuan Tiga Belas

Comments

comments

HOT INFO INDONESIA RAP

Leave a Reply

*