Goldvoice: Hip Hop Bali Berkembang Pesat

Siapa yang tak kenal Pulau Dewata? Begitu mendengar kata “Bali”, setiap orang pasti ingin menginjakkan kaki di sana demi menikmati keindahan pantainya. Jika berkesempatan untuk berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mendatangi kawasan Legian-Kuta. Daerah tersebut merupakan base camp area Hip Hop Bali, jadi jangan heran kalau sepanjang jalan dipenuhi orang-orang dengan pakaian Hip Hop style. Kali ini, aku berkesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan salah satu grup rap asal Bali, yaitu Goldvoice. Grup asal pulau seribu Pura ini sudah mulai beraksi sejak tahun 2005 dan cukup merasakan perkembangan Hip Hop Bali.

Untuk tahu lebih banyak tentang Goldvoice dan Hip Hop Bali, simak interview di bawah ini.

Halo Goldvoice, apa kabar? Boleh ya sapa HHI pakai bahasa Bali?

Goldvoice baik-baik saja..Punapi gatra timpal-timpal semeton HipHopIndo.NET!

Sebelumnya, bisa cerita tentang awal kecintaan Goldvoice dan perjalanan kariernya di Hip Hop?

Kita sih dari awal memang sama-sama suka Hip Hop. Walaupun berangkat dari style rap yang berbeda, tapi akhirnya kita ketemu jadi satu dan terbentuklah Goldvoice ini.

Lalu, bagaimana awal terbentuknya Gold Voice?

Pada awalnya, Tyo A.K.A Big “T” Black, Oddy, Rovy A.K.A X-flow hadir di salah satu acara komunitas motor lokal di Bali yang bernama NK13. Kami jamming di kesempatan itu, dan salah satu anggota komunitas (Dwi A.K.A soul sick) tertarik untuk membuat rap crew. Dari situ, kami berempat sepakat untuk menambah personil, yaitu Wira A.K.A 8blazt. Sampai sekarang formasi tetep sama.

Sudah berapa banyak karya yang dibuat oleh Gold Voice?

Sampai sekarang, kami ada 3 lagu dan video klip yang sudah selesai dikerjakan dan bisa di -download di www.Reverbnation.com/Goldvoice. Sisanya, sih, masih dalam proses studio, dari mixing musik sampai ke take vocal.

Siapa musisi yang menjadi influence Gold Voice dalam bermusik?

Sebenarnya sih banyak banget. Dari Wu-Tang Clan, Onix, Insane Poetry, Immortal Technique, Jedi Mind Tricks, Dalek, Public Enemy, dan masih banyak lagi. Kalau disebutin semua, bisa jadi 2 page interview…he he he!

Hi hi hi… Kalau gitu, ada keinginan untuk berkolaborasi dengan musisi Hip Hop lokal?

Untuk keinginan kolaborasi sama musisi Hip Hop nasional sih sebenarnya ada banget, tapi masalahnya ada nggak musisi Hip Hop kelas nasional yang mau kolaborasi sama kami? Ha ha ha!

Setelah baca interview  ini, pasti ada :p He he he. Next question, tinggal di daerah tentu berbeda dengan di Ibu Kota. Bagaimana pergerakan Hip Hop di Bali?

Ini pertanyaan yang paling sering kita dapat kalau interview sama media luar Bali…Ha ha ha! Kalau yang gw lihat sih, perkembangan Hip Hop scene di Bali juga nggak terlalu jauh ketinggalan dari Hip Hop scene Ibu Kota atau kota besar lainnya. Secara, Bali yang kita tau adalah daerah pariwisata, dan kultur Hip Hop sendiri di Bali berkembang pesat.  Interaksi dengan para wisatawan yang juga mewakili scene Hip Hop negara mereka masing-masing, membuat kultur Hip Hop di Bali menjadi scene yang mandiri.

Menurut Goldvoice, kendala apa yang dihadapi untuk mengenalkan Hip Hop di Bali?

Sampai sekarang yang kami rasain sih nggak ada kendala sama sekali, dan untuk di Bali sendiri khususnya area Legian-Kuta bisa dibilang merupakan Bali’s Hip Hop Base area. Bisa dilihat sendiri deh kalau ke Legian, dari tukang ojek, beach boys, street boys, rata-rata style-nya Hip Hop walaupun nggak bisa nge-rap. Ha ha ha! Tapi, sekali lagi bisa dibilang daerah Legian adalah base camp-nya Hip Hop scene di Bali.

Sudah pasti area Legian rajanya Hip Hop Bali. Apalagi banyak wisatawan asing yang menghabiskan waktu liburan di sana. He he he. Lalu, ada rencana untuk menyelesaikan project apa saat ini?

Untuk project yang sekarang ini, kami masih merampungkan mini album (EP) kami, ada beberapa track yang masih on progress. Kami juga masih menyelesaikan split project kami bareng band-band lokal Bali, dari genre Hardcore sampai Ska.

Cool 😀 Last word, ada pesan untuk Hip Hop Indonesia?

Tetaplah menjadi Hip Hop yang cerdas.

More about Goldvoice

Contact person: Jonskee ( 081805500993 )

Email: Goldvoice.bali@gmail.com

Twitter: @GoldVoice_Bali

Facebook: www.facebook.com/goldvoicebali

Reverbnation: www.reverbnation.com/goldvoice

 

Link Video Youtube :

– NK13 : http://www.youtube.com/watch?v=p34y3fTJvKc

– Arogansi tangan besi : http://www.youtube.com/watch?v=C4klPoJna3Y

– Fuck Your Side : http://www.youtube.com/watch?v=IcVfj7J-z70

Comments

comments

INDONESIA RAP

2 Comments

  1. Ancik Lambo Reply

    Oh.. ni grup yg punya lagu Canibals,Dobrak ya?

    • itukan X-CALIBOUR kalo gak salah brother? Group Rap dari SBY

      CMIIW =)
      ______________________________________________________________
      Keren dah, sukses untuk HipHopBali dan Goldvoice

Leave a Reply

*