Mixtape Terbaru Raekwon, We Wanna Thank You: Harta Berharga Penggemar Motown

Hiphopindo Forums Forum Diskusi Mixtape Terbaru Raekwon, We Wanna Thank You: Harta Berharga Penggemar Motown

  • Author
    Posts
  • #18763
    ondexemo
    ondexemo
    Participant

    Raekwon adalah salah satu member Wu-Tang yang jarang gw denger solo project-nya secara serius. Okay let me rephrase it, gw denger beberapa albumnya tapi cuma satu dua track yg lolos masuk playlist. Faktor pertama adalah pelafalannya yang kadang mirip orang kumur-kumur. Faktor kedua adalah lirikalitasnya yang mahadewa menurut banyak kritikus tapi kebentur faktor pertama; karena bodo amat lu punya lirik sekeren apapun kalo orang nggak jelas dengernya.

    Jadi dengan berat hati sebagai seorang Wu-head gw harus nitip sirik sama mereka yang punya pengalaman fantastis bersama Only Built 4 Cuban Linx… yang konon merupakan pionir album-album mafioso rap. Beberapa album masterpiece lahir dari album ini; sebut aja Reasonable Doubt-nya Jay-Z atau It Was Written-nya Nas. Bahkan nama Nas Escobar yang muncul di era The Firm & Affirmative Action pun terinspirasi dari Rae yang ngasih temen-temennya alias baru di lagu Wu-Gambinos (Maximillian buat GZA, Rollie Fingers buat Deck & Noodles buat Masta Killa. Rae sendiri nyebut dirinya Lex Diamonds setelah liat tulisan di botol Crystal).

    Beberapa minggu lalu Rae merilis mixtape barunya yg berjudul We Wanna Thank You. Sekilas gw berpikir kalo ini adalah tribute buat penggemar; sempet rada ragu juga buat download mengingat lagu terakhir yg Rae bikin buat Call of Duty sangat sangat absurd dan mengecewakan. Tapi akhirnya gw putusin buat download dan apa yang terjadi setelahnya sungguh diluar dugaan.

    Lupakan lirikalitas, atau kalo memang itu hal penting buat kalian taruhlah di tempat kedua. Karena mixtape ini adalah soal sample.

    Gw blom sempet browsing buat cari tau produser mana aja yang kerjasama sama Rae, tapi mixtape ini sungguh bedebah. Yang dipake buat sample adalah lagu lagu RnB/Soul/Pop era Motown taun ’80an. Buat pendengar hip-hop baru yang kurang akrab sama Motown, sekilas gw jelasin kalo recording label yang lahir di Detroit akhir ’50an ini adalah tonggak musik pop pada masanya. Nama nama besar seperti Lionel Richie, Jackson 5 bahkan Marvin Gaye pernah bernaung disana.

    Mixtape ini poppy tapi nggak terlalu RnB kaya punya Ghostface. Aura jadul kerasa di setiap track, sample2 yang dikolase demikian rupa jadi fondasi yang begitu cakep buat rima yang dibangun Raekwon. Bahkan Rae bernyanyi sepenuh hati di track pembuka Wishing on a Star dan percayalah, begitu kalian mendengarnya maka track Hailie’s Song dari album Eminem Show kemungkinan bakal kalian copot dari playlist. Rae bernyanyi lebih merdu dari Marshall.

    Track mahakarya gw di mixtape ini adalah When I See You. Begitu denger intronya di benak gw langsung kebayang New York di malam hari, musim dingin & salju turun dari langit.

    Sedikit kekecewaan pas tau sample yang dipake di track All Night Long ternyata bukan punya Lionel Richie. Gw gelisah nunggu itu track ngebayangin kaya apa lagu Richie dimodif, tapi begitu nyampe ternyata bukan. Mungkin Rae di Shaolin sana ketawa ngakak sambil bilang “I got you G!!”

    Mixtape yang sempurna. langsung aja mampir ke http://www.datpiff.com/Raekwon-We-Wanna-Thank-You-mixtape.661183.html

    • This topic was modified 4 years, 4 months ago by ondexemo ondexemo.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.