FATwan Berani Beri Komentar Tajam Lagu-Lagu Rap Indonesia

FATwan Youtuber Bahas Lagu Rap Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya Hip hop era kini telah didominasi oleh generasi milenial yang melejit dengan bantuan teknologi, di mana sosial media memegang peranan penting dalam menunjukan eksistensi mereka dalam sebuah karya. Tidak hanya sebagai media bagi para pelaku Hip hop, para penikmat musik juga kerap kali memanfaatkan adanya sosial media untuk berekspresi dan menyalurkan opininya kepada masyarakat. Youtube merupakan salah satu sosial media yang paling sering digunakan, khususnya oleh kalangan muda, untuk mengakses berbagai hal, salah satunya dalam bidang musik.

Beragam channel Youtube dengan bermacam-macam peran dan ciri khasnya masing-masing melahirkan masyarakat yang dinamis dan peka terhadap berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu hal yang sedang digemari sebagai bahan pembuatan video di channel Youtube adalah video reaksi terhadap lagu-lagu yang sedang marak di masyarakat. FATwan, merupakan salah satu Youtuber asal Jakarta yang mengaku sangat suka dengan musik Hip hop sejak usia 13 tahun, baik new school maupun old school, dan telah mempunyai ratusan subscriber serta kerap kali membahas lagu-lagu rap Indonesia. Dalam konten yang dinamakan “DIBAHAS”, FATwan memberikan opininya dengan tajam, menyenangkan, dan jujur dalam setiap lagu yang ia bahas. Bukan tidak mungkin jika selanjutnya FATwan justru akan merambah menjadi praktisi musik Hip hop sebagai generasi milenial. Simak ngobrol-ngobrol singkatnya dengan Hiphopindo.net pada hari Selasa (31/02/2017) berikut ini.

 

FATwan Source: http://www.imgrum.net/tag/FatWAN

FATwan Source: http://www.imgrum.net/tag/FatWAN

Apa alasan dari pemilihan “FATwan” sebagai nama channel Youtube anda?

Kenapa FATwan yang di gunakan, saya bukanlah orang yang kurus alias gendut. Dalam english gendut adalah FAT, dan dalan bahasa arab WAN artinya tuan, silahkan mengartinkannya sendiri hahaha.

 

 

Apa definisi dari karya Hip hop yang berkualitas menurut FATwan?

Ada dari beberapa sisi yang saya lihat, yaitu lyric yang relatable, cerita dan pesan moral dan yang paling penting munurut saya adalah character dari sang pelaku itu sendiri.

Apa alasan FATwan membuat channel Youtube yang seringkali membahas karya Hip hop pelaku lainnya?

Karena Hip hop dari Indonesia itu sendiri tidak kalah dengan yang lain. Saya ingin mengangkat kembali scene Hip hop dari yang namanya sudah besar maupun pendatang baru dan lewat Youtube lah caranya menurut saya.

Dalam beberapa video, FATwan seringkali terlihat berkolaborasi dengan Statement Prod dalam membahas lagu rap. Mengapa Statement Prod menghapus channel Youtubenya?

Ohh, Statement Prod tidak menghapus channel nya melainkan dihapus oleh Youtube tanpa alasan yang jelas, mungkin dalam beberapa saat Statement akan kembali hehehe.

Apa yang membuat channel Youtube FATwan lebih baik dibanding channel Youtube yang juga gemar membuat video reaksi terhadap lagu-lagu lainnya?

Well i’m being real, kalau tidak enak saya akan bilang tidak enak kalo enak ya saya bilang enak, simple.

Apa tips bagi rapper Indonesia era kini untuk menghasilkan karya yang berkualitas menurut FATwan?

NEVER STOP TRYING AND LEARNING.

Bila selanjutnya FATwan memutuskan untuk menjadi praktisi Hip hop, bidang Hip hop manakah yang akan dicoba terlebih dahulu?

Producer mungkin, saya suka di balik layar.

Belakangan ini, Hip hop Indonesia dinilai mengalami kemerosotan dalam kualitas dan nilai moralnya. Menurut FATwan, apa yang salah dengan scene Hip hop Indonesia saat ini?

Tidak ada yang salah dengan scene Hip hop itu sendiri, mungkin wadahnya saya yang kurang memadai menurut saya.

Dari beberapa lagu rap yang pernah dibahas oleh FATwan, manakah yang dianggap paling baik dan paling mengecewakan?

God damn its a good one bruh!! hahahha. Saya sempat membahas lagu Panjat Sosial oleh Roy Richardo itu menurut saya paling mengecewakan. Yang paling baik menurut saya ada A.nayaka, Saesar, Xaqhala dan Rich Chigga.

Bagaimana tanggapan FATwan mengenai banyaknya rapper-rapper yang menggunakan sensasi untuk menambah kepopuleran dirinya dan berupaya mengambil keuntungan dari cara tersebut dengan mengesampingkan etika dan moral sehingga memberikan pengaruh negatif terhadap masyarakat?

It’s their own way probably,but people who listen to the real one will know.

Shout out untuk pembaca Hiphopindo.net?

Be real, be humble and keep on hustling.

Imma give a shoutout to anti anti gang,represent jkt,preachja,ubc(underground bizniz club), hellhouse.

Thanks hiphopindo.net

#coffee is your best friend

A post shared by Anti-anti Gang (@fat.wan) on

*sumber gambar : instagram @fat.wan

Comments

comments

INDONESIA Social Media

Leave a Reply


*