Faiya, Sebarkan Semangat Hip-Hop di New York

Rapper kelahiran Brooklyn, New York, berdarah Sumatera ini memiliki semangat yang luar biasa untuk menjalankan Hip-Hop movement di tempat tinggalnya. Meskipun baru menyebarkan Hip-Hop sejak tahun 2006, Faiya kini sudah merilis dua buah album. Berkat kerja kerasnya yang tak kenal lelah dalam bermusik, Faiya berhasil memasuki pasar New York yang penuh dengan tantangan. Beberapa rapper Indonesia bahkan sudah bekerja sama dengannya untuk membuat project-project musik baru yang akan segera dipublikasikan. Dari Jakarta, aku mencoba menyapa Faiya di New York melalui sosial media. Dengan ramah, ia membalas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari aku. Inilah hasil wawancara aku dengan Faiya.

 


Hi Faiya, senang bisa mengenal seorang rapper New York berdarah Indonesia. Apa kabar?
Saya baik dan sedang sibuk dengan beberapa project. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membantu saya menyampaikan pesan.

Bisa ceritakan tentang perjalanan karier Hip-Hop-nya di New York?
New York adalah pasar yang sulit untuk dimasuki. Tidak hanya itu, banyak kejenuhan dengan seniman yang mencoba untuk melakukan persis apa yang saya coba lakukan, tetapi hal itu membuat keadaan menjadi lebih buruk. Kami tidak benar-benar terlalu mendukung satu sama lain sebagai sebuah komunitas. Dengan begitu, bisa dikatakan saya sangat bangga dengan karier saya selama ini di kota saya. Saya telah bekerja keras untuk memecahkan cetakan “crabs in a barrel “, yaitu sebuah metode untuk melakukan bisnis. Sebagai hasilnya, saya telah membangun hubungan yang sangat kuat dengan talenta yang luar biasa banyak. Karier Hip-Hop saya termasuk salah satu yang “tersibuk” karena saya mengenakan banyak topi untuk memastikan karier saya yang panjang. Dari awal berkarier, open mic, publikasi, rilis album, dan music video, sampai ke radio-radio saya lewati melalui berbagai kompetisi. Saya jalani semua itu dengan segala kemampuan untuk menempatkan seorang “FAIYA” di mata, telinga, dan pikiran publik.

Lalu, mengapa terpikir untuk menjadi seorang rapper?
Rap telah menjadi bagian dari hidup saya sejak saya masih sangat muda. Saya dan saudara-saudara saya selalu menulis dan membaca lirik di manapun. Namun, itu saya lakukan sampai saya memutuskan untuk berkarier di tahun 2006. Jujur, ketika saya melihat ke belakang, saya berpikir bahwa Rap-lah yang memilih saya.

Seperti yang kita tahu, Faiya adalah seorang rapper berdarah Indonesia. Jadi, apa yang dipikirkan tentang Indonesia?
Aku lahir dan dibesarkan di Brooklyn, New York. Ayah saya (Bapak) lahir dan dibesarkan di Indonesia. Percaya atau tidak, dia datang ke New York dari Sumatera ketika berusia sekitar usia saya sekarang. Saya berencana untuk memperluas karier saya di sana segera. Saya sangat ingin berhubungan dengan tanah kelahiran ayah, bertemu orang-orang yang indah, juga menemukan pemandangan dan suara dari Indonesia.

Apakah Faiya mengenal rapper dari Indonesia?
Sejak saya mulai menjangkau Indonesia untuk menyebarkan musik saya, saya telah menemukan BANYAK rapper Indonesia. Hal ini menarik bagi saya karena saya suka bekerja dengan orang-orang baru. Saya akan membuat musik dengan mereka, dan kemudian kamu akan tahu siapa rapper yang bekerja sama dengan saya 😉

Jadi, siapa rapper yang mempengaruhi untuk menjadi seorang rapper?
My biggest musical influence hands down is Tupac Shakur. Dia adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, dan yang lebih penting lagi, ia menggunakan pengaruh besarnya untuk sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri. Jangkauannya bisa dirasakan sampai hari ini dan saya ragu yakin tidak akan pernah pergi.

 

Sejauh ini, berapa banyak lagu yang sudah dibuat?
Wow! Jika saya harus menghitung, bisa dikatakan hampir 200 lagu. Kamu bisa mencari lagu-lagu saya di seluruh website saya, termasuk 2 CD saya, dan juga download gratis. Jangan lupa kunjungi www.faiya.net/music untuk mendengar semua lagu saya.

Mengapa memilih Hip-Hop sebagai genre musik Faiya?
Hip-Hop adalah suara dari generasi saya. Tokoh yang berperan seperti Tupac, Eminem, atau Jay-Z selalu berbicara kepada kami dan menawarkan kami wawasan. Sekarang saya lebih tua, waktunya untuk berbalik dan menawarkan kesempatan yang sama untuk generasi muda. Saya berusaha untuk menjadi role model yang positif bagi mereka untuk melihat ke depan, dan saya bekerja lebih keras untuk menjaga pesan positif dalam musik saya agar mereka dapat mendengarkan.

Lalu, apa kegiatan Faiya di samping musik?
Satu-satunya hal yang saya lakukan di luar musik adalah keluarga. I don’t party. I don’t hangout. I don’t do much else besides music. Meskipun terdengar gila, tapi music benar-benar mengambil sebagian besar waktu saya. Jika saya tidak bekerja pada musik, itu mungkin karena saya sibuk melakukan PERENCANAAN untuk bekerja pada musik. LOL. Saya selalu memberikan waktu untuk keluarga sekalipun. Saya memiliki keluarga yang luar biasa dan partner yang menakjubkan, dan mereka layak mendapatkan waktu sebanyak yang mereka bisa dapatkan.

Apa keinginan terbesar Faiya untuk mempromosikan Hip-Hop?
Keinginan terbesar saya adalah agar setiap rumah di planet ini memiliki setidaknya SATU dari album saya. That’s not asking too much. Dengan bantuan dan dukungan dari komunitas seperti Hiphopindo.NET misalnya. It is a very attainable goal.

Bagaimana dengan proyek musik berikutnya?
Proyek saya berikutnya hampir selesai. Saya akan merilis album ke-2 saya: “Faiya | Escape”. Saya sudah mulai promosi untuk itu, dan juga merilis sebuah video musik baru untuk single pertama saya yang berjudul “Lost Innocence”. Siapapun bisa melihatnya di www.faiya.net, atau di www.YouTube.com/mor3faiya85 . Album ini penuh kolaborasi antara beragam rapper, penyanyi, serta produser. Saya bekerja sangat keras untuk memberikan kehidupan sendiri pada setiap lagu, dan saya berjanji tidak akan mengecewakan.

Apa keinginan terbesar Anda untuk musik?
Keinginan terbesar saya untuk musik hanya untuk “didengar”. I believe if I can achieve that much, everything else will fall into place.

Last word, ada yang ingin disampaikan untuk rapper Indonesia?
It is a tough field that we are in folks, but as with anything else, our best chance of making it … is TOGETHER. Jangan takut untuk menjangkau sesama musisi dan mengulurkan tangan membantu. Sebenarnya, saya mendorong teman-teman untuk melakukannya. Ada permainan yang lebih daripada uang dan ketenaran, dan saya tidak akan berhenti sampai saya membuktikannya. Bergabung dengan gerakan dan mari kita tunjukkan Hip-Hop yang memiliki perubahan!

BIG Thank You (TERIMA KASIH) to Allin and HIPHOPINDO.NET for allowing me to share my voice with MY people !!!


Find all things FAIYA at www.faiya.net
www.YouTube.com/mor3faiya85
www.Facebook.com/faiyazhot
www.Reverbnation.com/faiya
Twitter @faiyazhot
Instagram @faiyazhot

 

 

Comments

comments

HOT INFO INTERNATIONAL RAP

Leave a Reply

*