ETCZ Luncurkan Album Pertama bertajuk Justifikasi Deformatif

Justifikasi Deformatif adalah album pertama / debut dari rapper tunggal asal Kota Banjar yang memiliki nama panggung ETCZ, atau dengan nama lengkap M. Faris Deni Kurniawan — ETCZ kurang berminat jika dipanggil seorang rapper, ia lebih senang memposisikan diri sebagai musical storyteller atau lirikus. Semuanya dimulai saat akhir tahun 2016, hingga berjalan 1 tahun sampai pembuatan album Justifikasi Deformatif selesai dibuat.

ETCZ Luncurkan Album Pertama bertajuk Justifikasi Deformatif

 

Inspirasi

Tidak menutup kemungkinan, album ini terinspirasi dari kultur Hip-Hop sejak lahir sampai era 90’an setelah Golden Age. Juga terinspirasi dari tradisi lokal dan pertentangan yang terjadi di kalangan publik sosial maupun individual sehingga berhasil menggugah gagan dan pendapatnya melalui suatu karya musik yang disertai lirik lagu sederhana.

Faris Deni atau biasa dipanggil dengan nama panggung ETCZ sangat berdedikasi dalam hal sosialitas dan personalitas yang dalam saat menuangkan ide abstraknya kedalam suatu karya musik.

“Musik yang baik adalah musik yang dapat menuangkan banyak kegelisahan, dan musik yang berjalan sesuai apa yang diinginkan. Kebebasan.” ujar ETCZ dalam penjelasan singkatnya.

 

Konsep

ETCZ menjabarkan gagasan nya secara langsung tanpa basa-basi untuk mewakiliki pergerakan indie nya. Tidak hanya sosial, politik pun tertulis serentak dengan lirikal penuh kritik.

Akhirnya, album pertama dari ETCZ yang bertajuk Justifikasi Deformatif ini dirilis pada tanggal 25 Desember 2017.

Album ini berisi 20 tracks termasuk full-length, freestyles, shorts, dan bonus tracks. Dikerjakan selama kurang lebih 1 tahun non full-time, dikarenakan harus membagi waktu antara kegiatannya sebagai Freelancer di bidang IT.

“Sejak melepas kewajiban sebagai pelajar, bertahun-tahun saya aktif di dunia kerja dan entrepreneur. Tetapi tidak pernah melepaskan musik untuk tetap berkarya.” tambahnya.

ETCZ Luncurkan Album Pertama bertajuk Justifikasi Deformatif

 

Rilis

Justifikasi Deformatif dirilis dalam bentuk CD fisik, Poster, Kalender, T-Shirt, dan tersedia juga rilis digital di Bandcamp, Instagram dan YouTube. Layanan free download + streaming digital audio juga disediakan setelah membeli CD fisik yang didalamnya terdapat QR Code berisikan lagu-lagu digitalnya.

 

Awal Mula

ETCZ mulai berkarya dalam musik sejak tahun 2010, lagu-lagu sebelumnya tidak ia anggap sebagai lagu yang matang. Hanya untuk koleksi agar bisa mengenang perjalanannya dalam bermusik. Dan sejak akhir tahun 2016, ETCZ mulai menulis dengan lebih serius dan memperhitungkan aspek-aspek lagu juga kualitas lirik sangatlah ditekankan.

 

Produksi

Masih hangat rilis, ETCZ sudah mempersiapkan materi untuk album keduanya. Ia menargetkan untuk dapat merilis album di tahun 2018 dengan warna dan tema yang lebih kuat. ETCZ sangat yakin bahwa Justifikasi Deformatif mampu mengukir kembali aura dan aroma Hip-Hop saat masih segar didengar, meskipun relatif, kualitas dan sejarah tetap tidak bisa disisihkan.

+++++++++++
POST Artikel kamu sendiri di sini

Whuts Up – Posting Artikelmu di sini


BUAT BERITA SENDIRI

Comments

comments

INDO FILEZ Social Media

Leave a Reply

*