EndrumarcH Segera Rilis Album RAPutasi 2

Selang cukup lama dari rampungnya album terakhir Sould ID yang berjudul LikeLoveLife, EndrumarcH, salah satu personil Soul ID, berencana untuk merilis album solonya yang kedua. Dengan menggunakan judul yang senada dengan album pertamanya, EndrumarcH mencoba untuk kembali menyempurnakan serta menyatukan berbagai genre musik Hip-Hop. RAPutasi 2 merupakan lanjutan dari intro life yang sebelumnya sempat diisi sendiri oleh EndrumarcH di album LikeLoveLife. Album yang berisi sepuluh lagu ini rencananya akan di-launching bertepatan dengan pelaksanaan Soulnation Festival 2012. Tidak ingin berlama-lama menyimpan rasa penasaran, aku mencoba untuk mengulik lebih dalam tentang album RAPutasi 2. Cari tahu jawabannya di bawah ini.

 

Hai EndrumarcH, boleh ya minta waktunya sebentar untuk interview. Apa kabar?
Salam Semesta Hiphopindo!

Sepertinya sedang sibuk mempersiapkan album solo terbarunya ya?
Yesss, betul sekali.

Bisa diceritakan tentang album RAPutasi 2-nya?
RAPutasi 2 adalah lanjutan dari album terakhir Soul ID – LikeLoveLife. Kalau yang sudah beli albumnya, di Disc 1 kan ada intro Life-nya, di mana gue mengisi sendiri di track itu. Nah, secara garis besar, isi album ini adalah lanjutan dari Intro Life tersebut.

 Setelah lebih dari 11 tahun peluncuran album solo EndrumarcH yang pertama, kenapa  memilih untuk kembali menggunakan judul album yang sama kali ini?
Di album pertama, gue bikin definisi RAPutasi itu sebagai berikut:
RAPutasi/raputasi/n: Perbuatan seorang rapper/MC untuk mendapat nama baik di dunia Hip-Hop
So, menurut gue sih, topik itu akan selalu relevan. Cinta gue ke Hip-Hop akan selalu gue buktikan dengan perbuatan.

Berapa jumlah lagu yang terdapat di album RAPutasi 2?
Ada sepuluh lagu. Yang sudah pernah gue free download-kan, yaitu L.I.A.M (Love Is A Mixtape) featuring Raisa, Hidden Agenda featuring Dmust Akira, 1OfTheseDayz dan 2ndborn featuring Pandji, dan Saykoji. Semua ada di www.soundcloud.com/endrumarch dan www.likelovelife.com . Sisa lagunya ada di video interview yang sebentar lagi akan di-upload di youtube channel gue, www.youtube.com/drusteelo .

 

Lalu, single apa yang akan diluncurkan pertama kali sebagai perkenalan album solo ini?
Single pertama sebenarnya sudah rilis di radio pada bulan Maret 2012 yang judulnya L.I.A.M featuring Raisa.

 Bicara soal proses pembuatan album, siapa saja sosok di balik pembuatan album ini?
Untuk musik, ada Mocharizma (Zero One), Dmust Akira, yang lainnya dari tim produksi gue, yaitu Soulbrothaz (Kitut & Joel Storia,  Pandji Extralarge, dan termasuk gue). Kalau featuringnya, ada Raisa, Dmust Akira, Ryan V, Chewy Dilmy (Suddenly September) Renita, Saykoji, dan Pandji.

 Setiap orang pasti ingin membuat karya yang berbeda. Lalu, apa perbedaan karya EndrumarcH di album ini dibanding album-album yang pernah ditangani sebelumnya?
Yang sudah dengar preview album RAPutasi 2 sih, bilangnya kayak mereka masuk ke dunia gue, tapi mereka bisa nyambung dengan apa yang gue omongin. Semua topik dan lirik memang berasal dari sudut pandang gue, tapi bagaimana cara mengemasnya agar orang yang nggak kenal gue, bisa nyambung dan mengerti apa yang ingin gue sampaikan.  So, this album is basically my diary. Beda sama Soul ID yang basically adalah group, dan ada 3 kepala. Sehingga kadang kami harus kompromi agar semuanya nyaman. Kalau album ini, is totally me.

Musik Hip-Hop seperti apa yang akan mendominasi lagu-lagu yang ada di dalam album RAPutasi 2?
Gue cinta sama sound-sound Hip-Hop di era akhir 80, dan awal 90-an. Bagi gue, that’s the ‘Golden Era’ of Hip-Hop. Gue juga suka banget sama Jazz. So, expect a combination of Hip-Hop/Jazz ala EndrumarcH. Ini album Hip-Hop yang lebih dewasa dibanding gue di Soul ID.

Kalau sekarang masih Coming Soon, kira-kira kapan dan di mana album RAPutasi 2 ini akan di-launching? Bisa dong undang-undang Hiphopindo.NET :p He he he …
Rencananya beberapa minggu sesudah lebaran akan mulai bisa pre order CD-nya. Selain itu, single ke-2 juga akan rilis ke radio-radio beserta video klipnya. Targetnya sih, bisa launching pas acara Soulnation 2012. Hiphopindo pastilah diundang, y’all are my family J

Kalau begitu, ditunggu undangannya 🙂 By the way, berapa lama proses pembuatan album sampai benar-benar rilis di pasaran?
Proses pembuatan albumnya sih terbagi-bagi. Seperti lagu L.I.A.M dan Hidden Agenda misalnya. Lagu-lagu itu sebenarnya sudah lama, kira-kira akhir 2010 lah, pas Soul ID selesai membuat album LikeLoveLife-nya. Nah, awal 2012, selama 2 bulan kami balik workshop, selesai mixing mastering bulan Juni 2012. Target rilisnya sendiri bulan Agustus akhir atau awal September.

Semoga cepat rilis dan tidak ada kendala. Nah, bicara soal promo album, movement seperti apa yang akan dilakukan EndrumarcH untuk mengenalkan album ke pasaran?
Promosi sudah dibicarakan dengan management gue, yaitu 2313 MGMT. Kami tetap akan menggunakan metode yang sudah digunakan sebelumnya sama Soul ID, Saykoji, Yacko, Sania, dan Ryan V, yaitu pendekatan secara sahabat. He he he.

Disinilah gunanya koneksi dan hubungan baik bersama teman-teman dari media cetak, radio, dan televisi. Karena kami adalah musisi Indie, jadi kami nggak punya budget promosi sebesar artis major label. Maka dari itu, kami hanya bisa memberikan karya kami and let the public decide. Tentunya, dengan adanya social networking, seperti twitter,facebook, youtube, soundcloud, dan lain-lain.

There’s no limit on what we can’t do, we can be our own media partner. Enak ya tinggal di era sekarang ini. He he he.

Anyway, bagaimana dengan kegiatan di bulan Ramadhan ini? Banyak yang tertunda atau justru semakin padat?
Bulan Ramadhan ini nggak terlalu padat, paling gue hanya mempersiapkan video klip saja Kemarin sudah syuting 2 video klip, minggu depan 1 lagi, dan sesudah lebaran ada 2 lagi. Total akan ada 5 video klip dari album RAPutasi 2.

Selain sibuk mengerjakan album, proyek apa lagi yang sedang digarap saat ini?
Sekarang lagi ngerjain album gospelnya Ryan V, dan menyelesaikan albumnya Pandji yang 32.

Bagaimana dengan jadwal perform sampai akhir tahunnya?
Akhir tahun? Ha ha ha. Semoga padat merayap sih. He he he. Yang gue nggak sabar adalah bulan Desember ini. Pandji akan ngadain konser, dan gue akan jadi opening act-nya. It’s gonna be fun.

 Woa, what a good deal! Makin nggak sabar menunggu album EndrumarcH. He he. Sebelum berakhir, ada pesan yang ingin disampaikan?
Bagi yang masih komplain mengenai industri musik di Indonesia, mending jadi pejabat atau preman jalanan saja. He he he. Kalau kita benar-benar mau, pasti akan ada jalan, we can create our own industry. Power to the people!

Mungkin daripada komplain, memaksimalkan karya buatan sendiri lebih penting. He he he …
Terima kasih EndrumarcH sudah bersedia menjawab pertanyaan dari Hiphopindo.NET. Sukses untuk album RAPutasi 2-nya!

Comments

comments

INDONESIA RAP

1 Comment

Leave a Reply

*