Donnero: “HellHouse, Indie Label yang Kekeluargaan”

Alexander Sinaga a.k.a Donnero mengawali karier sejak tahun 2004-2006. Awalnya, ia sempat membuat grup rap bernama BIB. Namun, sejak tahun 2007 sampai sekarang, Donnero memutuskan untuk berkarier bersama Mamok M.2.M.X di D.P.M.B. Bersama teman-teman komunitas Hip Hop di kota Jogja, Donnero membuat sebuah indie label bernama HellHouse di tahun yang sama. HellHouse sendiri terinspirasi dari indie label lain yang sudah lebih dulu lahir, sperti BCR, Zero One, dan Saints Row.

Dengan niat yang mulia, Donnero merangkul para rapper, DJ, beat maker/produser, untuk bersama-sama membuat indie label yang bisa memberi keuntungan bagi talent-nya. Apalagi pergerakan Hip Hop Jogja tidak pernah sepi dari tawaran manggung, rekaman, atau membuat video klip. Dengan pasar Hip Hop yang cukup besar, HellHouse pun menawarkan kerja sama mutualisme kepada para talent yang bergabung. Berikut hasil wawancara aku dengan Donnero 😀

 

Hip Hop Pagi, Donnero! Boleh sapa Hip Hop Indo pakai bahasa daerah?
Kulonuwun Hiphopindo, kula lan rencang-rencang Hellhouse ngaturaken HORAS!!!! m/


Hebat, bisa bilingual bahasa Jawa dan Batak. He he he. Apa kabar? Lagi sibuk apa saja sekarang ini?
Kabar saya baik banget, dan nggak sibuk juga, kok. Cuma lagi prepare santai aja buat albumnya D.P.M.B. He he he.

 

D.P.M.B

 

Sudah bukan rahasia kalau Hip Hop di Jogjakarta memang sangat berkembang. Salah satunya dengan adanya indie label yang terbentuk. Bisa dijelaskan tentang Jogja HellHouse?
Hmm… HELLHOUSE sebenarnya sudah ada dari tahun 2007. Kemudian, belakangan ini mulai serius untuk berkembang sampai sekarang, dan semakin banyak pelaku Hiphop yang gabung menjadi satu keluarga. Di dalamnya ada grup rap, produser, DJ, beatmaker, graffiti, dan lain-lain.

Terinspirasi dari siapa saat akan membuat indie label?

Inspirasi kami banyak banget. Ada Def Jam, Elefant Traks, Brick Squad, dan masih banyak lagi. Bahkan, teman-teman di Indonesia seperti BCR, Zero One, Saints Row, dan lain-lain juga banyak menginspirasi kami 😀

Lalu, siapa saja yang terlibat di dalamnya?

Hampir dari semua generasi pelaku Hip Hop di Jogja terlibat di sini. Kontra, Begundal Clan, D.P.M.B., Elpacino, Soul2Playa, FCB, Zapa, Mlethodman, dan lain-lain.
Produser beat dan DJ-nya juga ramai, yaitu Mas Anto (Gantaz) “Rotra”, Balance “Jahanam”, Lacos, Rob Milli, Donnero, DJ Holza , DJ Katerachy, dan lain-lain.

Di mana lokasi studio HellHouse?

HellHouse Studio ada di daerah mancasan, Wirobrajan, Yogyakarta.

Boleh sharing sedikit, apa saja keuntungan kalau ada rapper yang bergabung dengan indie label?

Hmm… Menurut saya, rapper/musisi yang tergabung dengan setiap label indie, jelas akan lebih terbantu. Mulai dari penentuan konsep lagu, produksi, distribusi, publikasi, dan lain-lain. Apalagi si label tersebut punya link bagus dan agenda ke depan yang mantap, misalnya job manggung. Bahkan punya event reguler sendiri, bikin album kompilasi, kolaborasi dengan talent-talent yang lain, video klip, dan lain-lain. Ada banyak keuntungan, kan? He he he.

D.P.M.B
Jadi, rapper-rapper ini bisa dipermudah untuk pergerakannya, ya 😀 Lalu, bagaimana kalau ada rapper yang berminat untuk menjadi bagian dari HellHouse?
Menjadi bagian dari HELLHOUSE? Monggo, silakan. Yang penting bisa membaur satu dengan yang lain, mau menggali potensi diri, dan memiliki rasa Loyalitas tinggi. Karena HELLHOUSE itu keluarga, bukan kantor :p

Ada nggak kesulitan saat membangun HellHouse?

Kesulitan kayaknya sih nggak ada, deh. Semuanya enjoy di sini 😀

Menurut Donnero, daerah mana yang movement Hip Hop-nya paling besar di Indonesia? Kenapa?

Untuk Hip Hop movement di tiap-tiap kota menurut saya sudah punya kuantitas dan kualitas yang bagus, ya. Akan tetapi, saya pribadi tetap merasa Jogja lebih hidup. Ha ha ha. Maaf kalau terlalu percaya diri. Karena di sini Hip Hop-nya jadi satu. Tidak ada gep-gep-an atau pengelompokkan atau apalah namanya itu. He he he.

Dalam waktu dekat, proyek apa yang sedang
akan dikerjakan?
Untuk ke depan lagi disiapkan kompilasi, web, anthem, video klip, event, dan lain-lain.

Terakhir, ada pesan yang mau disampaikan?
Maju terus Hip Hop di Indonesia. Semoga saya dan teman-teman generasi penerus bisa lebih MANTAB!!! Buatlah para sesepuh yang sudah mulai duluan menjadi bangga. m/

Comments

comments

INDONESIA RAP

2 Comments

  1. Igi Reply

    Cara bergabung nya gimana mas?

  2. Igi Reply

    Mau gabung cara ya gmna mas?

Leave a Reply

*