Balance a.k.a Ngila: Beatmaker is My Life

#Produser Musik Bag. 3

Satu lagi produser musik yang wajib diacungi jempol atas prestasinya di industri musik Hip Hop lokal Indonesia, Balance. Pria yang juga tergabung bersama grup rap asal Jogjakarta, Jahanam, ini mengawali kariernya secara otodidak. Tahun 2002 lalu, Balance mulai mengenal software-software untuk menciptakan beat musik. Perjalanan karier Balance memang nggak selalu mudah, di awal keterlibatannya di industri musik, ia bahkan belum punya PC atau komputer pribadi sehingga masih menumpang di rumah teman untuk mengutak-atik musik.

Semenjak itu, Balance memutuskan untuk mendalami dunia musik dan membuat grup rap bernama Jahanam dengan personil Mamok a.k.a M2MX (rapper) dan Balance a.k.a Ngila (rapper, beatmaker, dan produser). Setelah bergabung bersama Jahanam, Balance mulai mengenal beberapa tokoh produser musik di kota Jogjakarta dan belajar bersama mereka. Kemudian, Balance mulai iseng memproduksi beat untuk dipakai sendiri bareng teman-teman dekat. Namun, berbuah pengalaman dan manfaat yang didapat bersama Jahanam, Balance mulai serius menjadi produser pada tahun 2005.

Mau mengenal Balance lebih dekat? Mari simak obrolan seru HipHopIndo.Net bareng Balance di bawah ini.

Balance Perdana a.k.a Ngila "Jahanam"

Halo Balance, apa kabar?

Kabar saya alhamdulillah baik.

Selama 6 tahun menjadi produser musik Hip Hop lokal, genre seperti apa yang disukai oleh Balance?

Hampir semua genre pernah saya coba, tapi secara pribadi saya lebih suka yang ada unsur etnik budayanya. Teman-teman saya juga bilang kalau itu merupakan kelebihan saya, he he he.

Lalu, HipHopIndo.Net mau tahu nih, siapa artis yang sudah pernah menggunakan jasa Balance?

Aduh, artis? Siapa ya? Kayaknya sekarang ini teman-teman Hip Hop sudah jadi artis semua, deh, he he he. Ya, ada beberapa, seperti Soul ID, Yacko, Pandji, dan X-Clusively dari Singapura.

Wah, sudah sampai membuat beat untuk artis internasional juga. Menurut Balance, ada perbedaan nggak antara menangani pembuatan album dan single?

Detail-nya saya kurang paham karena saya biasa bikin single, sedangkan bikin album baru tahun ini mau mencoba. Kalau penangananya, saya rasa lebih lama prosesnya untuk membuat sebuah album dan lebih sulit. Kesulitannya pasti terasa dalam membuat benang merah di antara materi album yang udah diseleksi, dan biasanya terlalu banyak refisi nantinya. Nah, tapi kalau artisnya nggak rewel sih enak aja, he he he, peace.

Nah, kalau untuk kriteria artis yang mau dibuatkan musik, apa Balance memilah-milih dulu?

Kalau dulu saya nggak pilih-pilih artis karena saya punya keinginan untuk cari pengalaman, sekaligus mau tahu bagaimana selera musik mereka. Nah, berbeda kalau untuk sekarang karena saya punya kriteria paling nggak artisnya sendiri sudah berpengalaman dalam membuat single/album. Selain itu, orangnya harus asik karena orang yang asik biasanya penuh ide kreatif. Satu lagi, yang paling penting orangnya nggak pelit, ha ha ha.

Sudah berapa banyak karya yang dihasilkan oleh Balance sebagai produser musik Hip Hop lokal?

Untuk karya yang sudah dalam bentuk single lumayan banyak, tapi kalau untuk album baru tahun ini mau coba bikin project langsung 2 album. Untuk karya atau beat instrument yang belum terjamah para rapper ada ratusan beat di rumah. Maklum, saya hobi sekali bikin musik, he he he.

Balance a.k.a Ngila: Beatmaker is My Life

Foto: koleksi pribadi

Balance kan baru pulang dari New York, cerita dong tentang pengalaman diundang tampil di sana!

Yang jelas kayak mimpi karena belum pernah terbayangkan sebelumnya bias naik haji ala Hip Hop, he he he. Kalau cerita pasti nggak ada habisnya, tapi yang jelas mereka (yang mengundang kita) sangat profesional. Buktinya, semua terorganisir dengan baik. dan kita diperlakukan layaknya artis besar. Namun, sayang waktu kita show, tanggal dan waktunya sama persis dengan waktu Cypress Hill show di sana :(. Selain itu, kita juga kelewatan nonton blok party-nya Wu-Tang di Bronx, tapi untungnya masih kebagian di acaranya Jimm Jones. Satu lagi, makanan di sana serba mahal.

Dengar-dengar sempat tertipu, ya? Gimana kejadiannya?

Jadi, ada satu kejadian lucu. Waktu itu kita lagi jalan-jalan ke Time Squares, lalu tiba-tiba di pinggir jalan ada orang negro dengan dandanan rapper yang menghampiri saya, dia langsung mengajak kenalan. Dengan senang hati saya berkenalan, apalagi sama rapper sana…rasanya wow! Nah, terus dia menunjukan CD album yang katanya album dia yang akan release video klipnya di MTV. “Wow, saya dapat kenalan rapper yang mau terkenal!” pikir saya, dan dia memberikan CD-nya ke saya, “It’s free, take it,” ujarnya meyakinkan. Kemudian saya ambil CD-nya, tapi ternyata dia meminta sumbangan untuk bukti support ke dia, dan dengan berbaik hati saya kasih $3, tapi si rapper nggak mau dan malah meminta $5. Akhirnya, saya kasih $5. Setelah itu, saya lanjut berjalan hingga melewati perempatan, Saya kaget karena ternyata banyak orang-orang seperti si negro tadi di sepanjang jalan sambil menawarkan CD. “Ada apa ini?” pikir saya. Sesampainya di hotel, saya putar CD itu, ternyata isinya film kartun, dan saya tertipu, arrhgrghrghrgrgrhgr!

Apa ada tips untuk membuatkan musik yang baik bagi artis-artis baru maupun yang sudah senior?

Waduh, gimana ya? Kalau menurut saya sih harus ada kontrak yang jelas dan tahu selera pasar sehingga bisa kasih masukan sama artisnya dengan wawasan musik yang luas. Selain itu, antara artis dan produser musiknya harus menjaga hubangan yang baik. Tambahannya, masing-masing harus mempunyai selera humor karena itu menjadi nilai lebih, he he he.

Sepertinya sudah jatuh cinta banget ya dengan musik? Apa keinginan Balance yang masih belum tercapai sampai saat ini?

Ya, begitulah, he he he. Saya mau punya studio pribadi dengan perangkat audio yang profesional, tapi mahalnya…hedeh.

Terakhir, apa pesan Balance untuk komunitas Hip Hop di Indonesia?

Dibutuhkan konsistensi untuk bisa bertahan dan bangun komunikasi yang baik sesama teman-teman Hip Hop di luar jangkauan. Hal itu sangat membantu dalam karier kita.

Terima kasih, Balance. Hiphopindo.net doakan supaya semua keinginannya bisa tercapai.

Salam Hip Hop!

Link: http://www.reverbnation.com/ngilazbeat

Follow: @Jah_Balance

Comments

comments

INDONESIA MUSIC CLINIC

Leave a Reply

*