Asosiasi Freestyle Streetball Seluruh Indonesia Resmi Dibentuk

Ada kabar gembira untuk teman-teman streetballers di Indonesia. Pasalnya, awal Oktober 2011 lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga akhirnya meresmikan sebuah organisasi baru yang menjadi wadah resmi bagi para streetballers Indonesia.  AFFSI (Asosiasi Freestyle Streetball Seluruh Indonesia) ini menjadi organisasi legal yang berada di bawah naungan pemerintah.

Selama ini, streetballer masih kurang terorganisir sehingga belum menyatu secara keseluruhan se-Indonesia. Jatuh bangun pun dirasakan oleh para penggagas AFFSI sebelum asosiasi resmi ini disetujui. Untuk memeroleh informasi lebih lengkap, aku sudah mewawancarai salah satu pionir streetball Indonesia, Remon Nessa a.k.a Remon Nine PM selaku Kabid Kominfo AFFSI. Ternyata, Bang Remon begitu antusias menceritakan keberhasilannya membangun AFFSI. Langsung simak obrolan aku dengan Bang Remon di bawah ini, ya!

Remon "Nine PM"

Hai Bang Remon, apa kabar?

Alhamdulillah baik…FRESH selalu 🙂

Sedang disibukkan dengan kegiatan apa sekarang?

Sesekali masih perform bareng Iwa-K, Sania, dan teman-teman di BCR (Benhil City Rockers), tapi sekarang lagi fokus di manajemennya S.O.B (Sons Of Beat), dan baru aja terlibat di struktur organisasi AFSSI (Asosiasi Freestyle Streetball Seluruh Indonesia) sebagai Kabid Kominfo (Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi).

Sudah berapa lama mendalami cabang olahraga streetball?

Awalnya, dimulai dari freestyle basket di awal tahun 2000. Saat itu ada salah satu produk olahraga dari Amerika yang mempromosikan freestyle basket, dan membuat tim freestyle basket pertama kali di Indonesia untuk tujuan promosi. Alhamdulillah, waktu itu saya termasuk salah satu pemain yang direkrut untuk bergabung dalam tim tersebut. Setelah itu, baru saya mengetahui permainan streetball ini

Dengar-dengar, streetball di Indonesia baru saja mendirikan asosiasi di bawah pemerintah, ya? Bisa diceritakan prosesnya?

Yup, sekarang sudah ada AFSSI (Asosiasi Freestyle Streetball Seluruh Indonesia) yang berada di bawah naungan pemerintah, tepatnya FORMI (Forum Olahraga Rekreasi Seluruh Indonesia).

Prosesnya dimulai saat dua orang teman dari komunitas streetball, Rico Lubis a.k.a “Spin Boy” dari tim Offisiders Jakarta dan Richard Latunusa a.k.a “Insane” dari tim Masa Depan Jakarta ditawari untuk membuat event streetball di acara FORMI, yaitu FORNAS (6-9 Oktober 2011).

Akhirnya, FORMI memberikan tawaran kepada komunitas streetball untuk membuat organisasi resmi di bawah mereka. Wacana ini lalu disampaikan kepada teman-teman dari komunitas-komunitas yang ada.

Akhirnya, 5 orang perwakilan dari tim-tim dan komunitas-komunitas streetball merespon positif hal tersebut. Selain dua teman yang tadi disebut di atas, ada Bayu Radityo dan Folda Gobel dari tim Ball Star, serta saya perwakilan dari tim Nine PM Jakarta yang menggodok wacana tersebut sampai terbentuklah AFSSI.

Kalau begitu, selamat ya atas terbentuknya AFFSI! Lalu, bagaimana kabar pergerakan streetball di Indonesia?

Semakin hari semakin bagus, dan semakin banyak talenta-talenta muda yang serius mendalami streetball ini. Kompetisi dan turnamen-turnamennya juga semakin banyak dan bervariasi. Apa lagi sekarang baru saja terbentuk asosiasi resmi untuk streetball yang resmi di bawah naungan pemerintah (Menpora).

Apa yang pertama kali muncul di benak Bang Remon ketika ditawarkan untuk membawa streetball ke dalam asosiasi resmi?

Amat sangat antusias! Ini merupakan impian dan keinginan saya pribadi, dan saya yakin juga keinginan teman-teman streetballers lainnya untuk membawa streeball ke tingkat yang lebih tinggi untuk diakui sebagai cabang olahraga yang ada di Indonesia.

Kalau boleh tahu, apa keuntungan yang didapat dari terbentuknya AFSSI?

Banyak! Untuk komunitas sendiri, AFSSI ini akan menggelar Liga Streetball, baik yang bersifat daerah, dan juga nasional, yang juga melibatkan kelompok umur usia muda. Intinya, AFSSI ini akan membuat streetball semakin bisa diakui, diterima, dan diminati oleh masyarat pecinta olahraga, khususnya olahraga bola basket.

Beralih ke masalah sponsor. Seperti kita ketahui bahwa selama ini, kompetisi streetball selalu disponsori oleh perusahaan rokok. Lalu, bagaimana tanggapan pihak sponsor ketika streetball ini memilih untuk lepas dan membentuk AFSSI?

Koreksi, streetball di Indonesia bukan milik satu perusahaan rokok saja. Ada beberapa kompetisi streetball yang disponsori produk selain rokok, dan AFSSI bukan sekedar saingan dari sebuah turnamen yang disponsori perusahaan rokok, AFSSI adalah sebuah asosiasi untuk komunitas, tim, dan pemain streetball di Indonesia yang nantinya akan membuat, menjalankan, dan mengelola turnament, kompetisi, dan liga streetball sendiri di Indonesia.

Jika suatu saat nanti, masih ada perusahaan rokok yang mau mensponsori acara-acara streetball, apa pihak AFSSI akan menerima tawaran tersebut?

Kami tidak menutup kemungkinan untuk hal itu.

Di setiap kemajuan, pasti ada rintangan, tak terkecuali pihak-pihak tertentu yang kontra dengan terbentuknya AFSSI. Bagaimana AFSSI menanggapi hal tersebut?

Pro dan kontra itu pasti ada. Tujuan dari AFSSI ini adalah berusaha untuk membuat streetball ke tingkat selanjutnya, yaitu tingkat yang lebih tinggi agar semangkin diterima, diminati, dan mendapat tempat di masyarakat mengenai cabang olahraga di Indonesia. AFSSI akan tetap jalan sesuai program dengan mencoba mengakomodir keinginan-keinginan yang pro AFSSI dan membuka mata mereka yang kontra, dengan apa yang akan AFSSI perbuat ke depan nantinya untuk streetball di Indonesia.

Mungkin bisa diceritakan tentang kegiatan AFSSI?

AFSSI sendiri adalah Asosiasi yang nantinya akan menaungi komunitas-komunitas, tim-tim, dan pemain-pemain streetball yang sudah ada. AFSSI akan berkunjung ke daerah-daerah, untuk mensosialisasikan diri, mengajak komunitas-komunitas yang sudah ada untuk bergabung dengan AFSSI, dan mewadahi komunitas-komunitas yang sudah ada tersebut, serta menciptakan komunitas-komunitas atau tim-tim yang baru di Indonesia agar streetball semakin berkembang. Membuat liga berskala nasional juga menjadi target utama AFSSI.

Rutin latihan dua kali seminggu di lapangan Senayan

Sudah berapa banyak pemain streetball yang bergabung hingga saat ini?

AFSSI ini sendiri baru saja terbentuk. Sejauh ini sudah ada beberapa komunitas-komunitas besar yang tergabung di dalam AFSSI, seperti Ball Star, Masa Depan, Offsiders, dan Nine Pm. Namun, sudah banyak komunitas-komunitas dan tim-tim streetball yang menyatakan siap bergabung dengan AFSSI.

Biasanya, acara-acara streetball selalu saja bergerak di kota-kota besar. Lalu, bagaimana cara AFSSI untuk merangkul teman-teman yang juga menyukai streetball dari daerah-daerah?

Kita akan berkunjung ke daerah-daerah dan mensosialisikan AFSSI, dan membantu daerah-daerah untuk membentuk komunitas streetball jika mereka belum memilikinya. Nantinya AFSSI juga akan membuat liga yang dijalankan mulai dari tingkat daerah hingga ke nasional.

Lalu, apa rencana AFSSI selama enam bulan ke depan?

Mensosialisakan AFSSI hingga ke daerah-daerah sehingga bisa menjaring komunitas-komunitas dan tim-tim streetball untuk bergabung dengan AFSSI, serta membuat liga streetball berskala nasional yang dimulai dari tingkat daerah.

Last word, sampaikan pesan untuk para pemain streetball di Indonesia!

Teman-teman streetballer, sudah saatnya sekarang kita membawa streetball ke tingkat yang lebih tinggi!

Setuju. Mari dukung olahraga streetball untuk Indonesia!

Terima kasih Bang Remon, sudah mau berbagi cerita untuk temaa-teman streetballer Indonesia. Sukses untuk rencana-rencana AFFSI ke depan, semoga bisa berjalan lancar. Teman-teman streetballer pasti akan selalu mendukung pergerakan AFFSI untuk kemajuan dunia olahraga di Indonesia.

Comments

comments

HOT INFO INDONESIA RAP

1 Comment

  1. aghitya Reply

    bang cara gabung ke AFSSI gmana ???

Leave a Reply

*